Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Camping - Dijamin Pasti Lebih Seru dan Tak Terlupakan

lokasi camping kami di hutan dekat pantai
Hai hai sobat... apa kabar hari-harimu? Flat? Membosankan? Atau malah gak seru?
Sangat disayangkan ya kalau begitu, ini nih aku kasih solusi; coba deh saat weekend kamu ajak teman-temanmu untuk camping. Eitss... jangan keburu berpikir camping adalah aktivitas hura-hura ya! Sama sekali jangan, soalnya nih ya waktu camping kita bisa belajar banyak dari alam. Jadi, pikiran kita lebih terbuka dan kita semakin mengagumi kekuasaan-Nya. Nah, sobat... biar acara campingmu lebih seru jangan lupakan tiga hal ini ya! Dan tentu ini diluar sholat lima waktu (bagi muslim/muslimah), kalau ibadah itu emang gak boleh dilupakan; namanya wajib banget alias gak boleh tinggal sekalipun lagi camping atau perjalanan jauh ^_^

- Perlengkapan dari yang primer, sekunder hingga tersier
Kita gak harus membahas pelajaran ekonomi ya buat tahu apa itu kebutuhan primer, sekunder dan tersier (kalian para pembaca pasti orang yang cerdas). Nah, dalam camping juga ada tiga kebutuhan itu. Untuk primer, jelas kita butuh tenda; gak perlu tenda yang mahal-mahal kok apalagi sampai bawa tenda biru hehe bahkan jika memadai untuk berteduh dan istirahat, itu sudah cukup. Jika kamu dan teman-temanmu kreatif dan ingin lebih menyatu dengan alam, bisa modifikasi dedaunan dan ranting-ranting pohon menjadi tempat berteduh yang layak (tapi ingat jangan sampai menggunduli hutan). Atau mau yang lebih ekstrim lagi? Bikin rumah pohon aja wkwk :D

Kalau tenda udah ada, makanan jangan dilupain (ngosong banget kalau gak makan). Kamu bisa bawa bekal nasi dan lauk pauknya, atau bisa juga mie cup dan snack. Makanan menjadi kebutuhan primer saat camping, karena kalau perutmu keroncongan yang ada kamu cuma tiduran dan uring-uringan. Gak seru kan ya? yups! Dan mencari makanan di tempat camping juga bisa, misal kamu camping di dekat sungai bisa mancing kemudian bakar ikan (yang dibakar ikan ya! bukan hutan hehe). Tapi jangan juga karena terlalu semangatnya mencari makan di dekat lokasi camping, kamu jadi blusukan ke kebun orang wkwk. Sama sekali jangan kecuali sudah mendapat izin dari pemiliknya.
tak sepenuhnya tenda biru wkwk
Lalu juga ada kebutuhan sekunder; misalnya pisau, korek api, dan tikar tambahan. Sobat-sobat ketjeh... pisau digunakan bukan untuk membunuh rasa yang dulu pernah ada ya haha, tapi bisa jadi untuk menyingkirkan rumput-rumput tinggi yang menghalangi jalan dan merapikan lokasi di dekat tenda. Dan korek api juga bukan digunakan untuk membakar kenanganmu dengan si doi wkwk melainkan persiapan untuk bakar kayu buat perapian; api unggun atau api yang digunakan untuk masak. Kemudian tikar tambahan, gak perlu banyak-banyak kok... kan kamu tidak sedang pindahan hehe. Selebihnya, kebutuhan sekunder versi kamu diingat-ingat lagi aja.

Next, ada kebutuhan tersier. Sebenarnya, tidak ada kebutuhan tersier juga tidak masalah cuma mungkin kurang lengkap aja; seperti gitar, kamera, lotion anti nyamuk, dan jaket. Tak ada gitar saat camping gak masalah kok, kamu kan bisa melakukan permainan tradisional. Tapi, memang mungkin agak kurang, so kalau kamu dan teman-temanmu punya gitar ya dibawa aja! Pasti lebih seru. Lalu kamera, esensi camping bukan foto-foto ya... tapi menikmati keindahan alam. But... ini nih yang kurang berkesan kalau gak ada, kan gak mungkin camping hanya tertanam dalam ingatan, butuh diabadikan juga tapi tidak memaksa. Kamera seadanya; ada DSLR ya bawa, cuma ada kamera Hp it's okay! and then lotion anti nyamuk; karena camping tidak dilakukan di tengah kota (meski ada tapi langka). Untuk persiapan aja, tapi gak penting-penting amat kok... sesekali bersedekah sama nyamuk juga gak salah hehe... the last dari tersier ada jaket, bawa ya kalau kamu gak mau kedinginan malamnya. Kalau aku gak terlalu, soalnya aku pro sama yang dingin-dingin (aku sudah terlatih dengan sesuatu yang dingin termasuk dingin sikapnya, uhuk ini apaan hoho).
team, satu lagi tukang foto
- Kegiatan saat camping
Ini nih yang juga jangan sekali-kali dicuekin waktu kamu mau camping, kan camping bukan untuk lomba bengong hehe... But, gak perlu kegiatan yang terjadwal ya! Kegiatan dadakan malah lebih seru; liat pohon tinggi 'lomba naik pohon yuk!', liat sungai 'tanding menyelam lebih lama yuk!' hehe itu hanya contoh tapi utamakanlah keselamatan. Naik pohon hati-hati kalau jatuh, menyelam hati-hati kalau tenggelam. Jatuh hati sepihak dan tenggelam dalam angan-angan itu sih yang lebih menyakitkan #ehapaansih

Kalau aku dan teman-teman saat camping, kegiatannya selain explore sekeliling tempat camping juga lebih diisi dengan main. Bermacam-macam tapi bukan main gundu. Intinya hal-hal yang baik dilakukan dan akan menciptakan suasana yang lebih seru.

- Tinggalkan jejak yang baik
Ini juga gak boleh dilupain kalau kamu mau camping. Ketika sudah selesai camping dan akan kembali pulang ke rumah, tinggalkanlah jejak yang baik dengan kata lain jangan meninggalkan sampah, jangan merusak lingkungan camping, dan jangan meninggalkan api yang masih menyala. Demi kebaikan bersama; kita dan lingkungan serta memberikan contoh untuk orang-orang yang akan camping di tempat yang sama.

Nah, itu dia camping versi aku. Tiga hal tersebut jangan sampai lupa agar campingmu lebih berarti, seru dan tak terlupakan pastinya. Camping versi kamu? Boleh berbagi di kolom komentar ^_^

2 comments

  1. Walaupun esensi camping untuk menikmati keindahan alam, namun bagi saya camera itu salah satu barang wajib Mba hehehehe ;)

    ReplyDelete
  2. bener banget, rasa-rasa ada yang kurang kalo gak da kamera :D

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia