Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berada di Hue - Vietnam

aku dan teman baru di depan kampus HUCE
November 2015 aku diberi kesempatan melanglangbuana ke negeri seberang; ke Vietnam dalam rangka students exchange tapi juga merangkap jalan-jalan pas disana. Traveling itu menyenangkan, rasanya seperti jatuh cinta hehe loh kenapa? Sebab dag dig dug-nya itu loh gak ketulungan terlebih lagi semangat yang mendera juga berkobar-kobar membara.

Di Hue, aku dan seorang lagi peserta students exchange disibukkan dengan aktivitas di Hue University College of Education (HUCE), berbagai aktivitas perkuliahan dan kegiatan mahasiswa di sana kami ikuti. For your information nih guys, setiap fakultas Hue Unversity itu letaknya berbeda-beda, dulu kami tinggal di Guest House yang berada di dekat fakultas FKIPnya.

Setelah mengikuti banyak aktivitas, teman-teman dari HUCE ngajakin jalan-jalan hehe inilah yang aku tunggu-tunggu. Temanku namanya Huyen Nguyen bawa motor+helm lalu kami jalan deh, mau tahu kemana aja? Check it out... tempat-tempat ini sangat aku rekomendasikan jika kamu mau traveling ke Hue.

1. Imperial City, Hue
dosen-dosenku bersama Prof. Tranh Vui - di belakang mereka itu bendera menara benteng
Hue Imperial City biasa disebut juga The Citadel, kebetulan waktu kami jalan ke Citadel adalah hari kedua di Hue dan saat itu bersama dosen dari kampusku serta dosen dari HUCE dan juga seorang translator. Kami kesana pake mobil spesial *hoho*, setelah keliling kota lalu mampirlah ke Citadel.
 
aku & dua orang dosenku; di tengah mereka si Lan
Luasnya Citadel sampe bikin kaki pegal-pegal, di bagian paling depan kita akan melihat bendera menara benteng lalu kita akan dipertemukan dengan gerbang Meridian. Pas masuk, seingatku dulu bayar tapi aku lupa berapa karena saat itu dibayari Hoang Bao Lan si translator dari kampus, *hehe...* tapi untuk kepentingan penulisan artikel ini jadi aku tanya lagi tuh sama si Lan; orang lokal bayar 50.000 VND sementara orang asing bayar 150.000 VND (kalo dirupiahkan sekitar Rp 100.000)

salah satu gambar di bagian dalam Citadel, disana ada bak semen besar berisi air dan banyak koin di dalamnya, para pengunjung biasa melempar koin dan make a wish, kalian lihat aja gambar di atas sebelah kiri di dekat lampu, nah itu dia!
Nah, sayangnya kemarin hardisk laptopku rusak jadi foto-foto waktu di Hue hilaangg, sedih banget aku. Untung saja ada beberapa foto yang sempat aku masukkan ke google drive, jadilah tersisa sedikit.

ini ikan kerajaan wkwk
Well, lanjut tentang perjalanan ke Citadel, karena terlalu luasnya jadi sesekali aku berhenti istirahat ehh ada orang yang nyapa dan dia sangka aku orang Arab *hehe* coming soon deh ke Arab *aamiin*, pas masuk Citadel ada beberapa ruangan yang tidak boleh dimasukin jadi aku nyari yang boleh aja dan liat gambar-gambar kehidupan di zaman itu serta barang peninggalan bersejarah.

lorong menawan yang akan menghubungkan ke Throne in the Hall of Supreme Harmony
Sambil jalan kadang istirahat aku sampe ngayal ngebayangin gimana yaa kalo aku hidup di zaman kerajaan *haha* apa aku akan jadi princess *ah apaan sih* pokoknya recommended banget deh tempat ini. Di akhir perjalanan ke Citadel, karena haus aku beli es tebu, rasanya sama kok dengan es tebu biasanya, aku beli karena aku rindu Indonesia.

2. Thien Mu Pagoda
at Thien Mu Pagoda
Waktu aku pergi ke Thien Mu Pagoda, ini baru bersama teman-teman pake motor jadi benar-benar bisa menikmati pemandangan kota yang bersih. Perjalanan ke Thien Mu Pagoda juga bisa dicapai menggunakan perahu lewat Perfume River.

nah, itu aku lagi di taman
Arsitektur gerbang menuju aula utama sangat megah, dan disana banyak pohon pinus. Pemandangan di bagian belakang juga adem banget, hijau sejauh mata memandang. Di sana ada patung-patung, prasasti, ada mobil unik juga dan lain sebagainya.

itu mobil uniknya ada di belakang kami
Jangan heran ya kalau disini ketemu banyak turis dari berbagai Negara, bahkan dulu kami sempat ketemu orang Amerika yang dengan ramah menyapa lalu mengatakan dia juga pernah ke Indonesia. Kami juga sempat foto dengan orang Australia dan beberapa orang yang kami temui disana. Sayaaanngg banget hardiskku rusak, padahal banyak banget foto waktu di Pagoda *hiks hiks*.

3. Perfume River
 
adem banget loh disini, angin sepoi-sepoi pula...
Aku ngasih rekomendasi ke Sungai Perfume bukan berarti kalian harus nyebur kesana ya! selain bersih, di pinggir sungai Perfume tepatnya di depan Hue University College of Education ada taman yang cantik banget, disana ada banyak orang jualan siang dan malam rame terus, kalo malam pengunjung lebih banyak lagi sebanding dengan penjual.

Saat aku kesana ada anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas gitu lagi ngadain acara, ada yang nyanyi, main alat musik, dan nge-rap. Ketjeh deh pokoknya, bisa juga beli berbagai macam souvenir dan lukisan pada malam hari, toko-toko disana juga rame pengunjung; ya meskipun lebih banyak yang liat aja *hehe*.

di sebelah kanan aku berjejer perahu berkepala naganya hehe
Di taman depan kampus juga banyak patung-patung yang menarik perhatian tapi bagiku itu lebih menjurus aneh tapi indah ya memang itulah seni. Aku juga kehilangan banyak foto saat di taman, padahal malam-malam aku sering banget nongkrong disana *hehe* gak sendiri kok, bareng sama teman-teman dari kampus.

Di siang hari waktu di Hue, aku pernah jalan-jalan sendiri menyusuri kota lalu Truong Tien Bridge kemudian mampir ke toko buku di seberang jalan persis di ujung jembatan, kalau belok ke sebelah kanan dan jalan terus ada pasar tradisional, aku juga pernah kesana dengan temanku.

pemandangan Truong Tien Bridge & sungai Perfume di malam hari
Waktu ke Perfume river jangan lupa untuk mencoba naik perahu berkepala naga *wow* tapi saat itu aku gak sempat karena isi dompetku pas-pasan, biaya naik perahu 100.000 VND.

Tiga tempat tersebut aku rekomendasikan buat kamu yang mau ke Hue, buatlah moment yang berkesan dan jangan lupa salin atau duplikatkan foto-foto liburan kalian ke google drive atau dropbox biar gak mengalami kejadian nangis bombai kayak aku.

Tempat wisata di Hue masih ada lagi sebenarnya, sayang karena keterbatasan waktu hanya beberapa saja yang bisa aku kunjungi disana. Semoga next time bisa traveling lagii...

3 comments

  1. Pengalaman yang seru nih bisa ke LN. Ternyata di sana banyak objek wisata yang ok juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget, terlebih Hue adalah kota Budaya kurang lebih kayak Yogyakarta kalau di Indonesia

      Delete