Ketika Keberagaman Bahasa Menjadi Pesona (Final Part)

sumber gambar: twitter.com
Dengan keberagaman bahasa yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan perwujudan sila ketiga pancasila yaitu persatuan Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu di tengah keberagaman bahasa daerah.

Dengan adanya bahasa Indonesia tidak akan menyebabkan miss communication antara orang yang berbeda daerah ketika mereka saling bicara. Masing-masing setiap warga Indonesia bisa mempelajari bahasa Indonesia dengan tidak melupakan bahasa daerahnya. Sebab bahasa daerah selalu akan menjadi poin penting bagi bangsa ini karena hal tersebut memperkaya bahasa yang tentu ciri khas ini tidak dimiliki oleh Negara lain.

Dan juga sesuai dengan perumusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, bahwa bahasa daerah sebagai pendukung bahasa nasional merupakan sumber pembinaan bahasa Indonesia. Sumbangan bahasa daerah kepada bahasa Indonesia, antara lain: bidang fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan kosa kata.

Demikian juga sebaliknya, bahasa Indonesia mempengaruhi perkembangan bahasa daerah. Hubungan timbal balik antara bahasa Indonesia dan bahasa daerah saling melengkapi dalam perkembangannya.

Dalam tatanan pemerintah pada tingkat daerah, bahasa daerah menjadi penting dalam komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat yang kebanyakan masih menggunakan bahasa ibu sehingga dari pemerintah harus menguasai bahasa daerah tersebut yang kemudian bisa di jadikan pelengkap di dalam penyelenggaraan pemerintah pada tingkat daerah tersebut.

Bahasa daerah dan bahasa Indonesia yang digunakan secara bergantian menjadikan masyarakat Indonesia menjadi dwibahasawan. Menurut Mackey dan Fishman (Chaer, 2004: 84) kedwibahasaan diartikan sebagai “... penggunaan dua bahasa oleh penutur dalam pergaulannya dengan orang lain secara bergantian”.

Tidak sedikit Negara lain tertarik dengan keberagaman bahasa di Indonesia bahkan menurut penuturan beberapa orang dosen di Universitas Bengkulu, bahasa lembak / besemah telah diteliti oleh peneliti di Amerika Serikat.

Indonesia dengan keberagaman bahasa daerah memanglah memancarkan pesona. Keindahan bahasa dan budaya bangsa Indonesia membuat banyak Negara takjub, karena itu sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga keindahan bangsa Indonesia salah satunya adalah keberagaman bahasa daerah.

^^

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia