Oh Muslimah...


Menjadi muslimah di zaman sekarang memiliki tantangan tersendiri bagi kaum wanita, godaan demi godaan yang datang beriringan dengan cobaan sekaligus ujian. Sebagai muslimah yang sekarang menjadi wanita akhir zaman, kita mungkin tak semulia Bunda Khadijah, tidak setabah Fatimah ataupun tidak secerdas Aisyah. Namun, kita hanya berusaha mensolehahkan diri. Menjadi lebih baik dari hari ke hari.

    Kecantikan dan keanggunan yang dimiliki wanita menjadi anugerah namun bisa juga menjadi fitnah jika kita tak mampu menjaga kecantikan diri. Pun kecantikan diri juga harus dibarengi dengan kecantikan hati. Dari Abdullah bin ‘Amr mengatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihiwassalam bersabda:
    “Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang solehah.” (HR. Muslim, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Dalam lafazh lain:
Sesungguhnya dunia ini adalah perhiasan dan tidak ada di antara perhiasan dunia yang lebih baik daripada wanita yang solehah.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam lafazh lainnya lagi:
Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang solehah.” (HR. Ahmad)

    Hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa kecantikan dan keanggunan diri saja tidaklah cukup, sebagai wanita akhir zaman hendaknya kita lebih memperindah akhlak. Lebih mendekatkan diri pada Allah dan tidak tergoda akan hingar bingarnya nikmat dunia di masa sekarang ini.

    Allah telah memberitahu kita bahwa kehidupan dunia ini adalah fana dan tidak kekal. Sesuatu yang fana berarti sesuatu yang tidak abadi, yang memiliki masa berlaku dan yang akan berakhir menuju ketiadaan dan hanya akan menyisakan kehampaan. Oleh karena itu, hendaknya kehidupan yang singkat dan fana ini dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai jembatan menuju akhirat yang lebih baik.

    Mengenai akhir dari dunia ini hanya Allah-lah yang mengetahui, tetapi Allah telah menjelaskan sinyal atau ciri-ciri mengenai hari akhir. Menjadi bahan renungan bagi kita untuk terus memperbaiki diri, sekaligus menjadi peringatan bagi kita untuk mempersiapkan dan membekali diri dengan amal-amal soleh.

    Hiruk pikuknya kehidupan wanita akhir zaman tak sedikit yang menjerumuskan pada hal-hal yang tidak baik. Dalam balutan kehidupan yang semakin modern, banyak wanita yang tampil dengan berbagai macam style yang terkesan menyepelekan aturan-aturan Islam.

Berkaitan dengan akhir zaman, dalam suatu riwayat Rasulullah bersabda:
Aku melihat ke dalam Surga maka aku melihat kebanyakan penduduknya adalah fuqara (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penduduknya adalah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas dan Imran serta selain keduanya)

No comments