Peran Wanita dalam Islam (Part I)


Terlahir sebagai anak perempuan dan tumbuh menjadi wanita hingga menjadi muslimah hebat, dalam berproses itu kita juga harus mengetahui peran wanita dalam Islam dan bagaimana kedudukan wanita dalam Islam.

Karena tak hanya laki-laki yang memiliki peran penting dalam berdirinya dakwah Islam mengingat seorang wanita akan menjadi “madrasah” bagi mujahid-mujahidah kecilnya kelak.

A. Peran Wanita dalam Membangun Negara

Wanita ada karena wanita memang berbeda. Dan pastinya segala ciptaan Allah tidak ada yang sia-sia. Wanita ada karena ada hal yang tidak bisa dilakukan pria dan sebaliknya.

Walau memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam ibadah, dan yang membedakan adalah derajat ketakwaan tanpa melihat gender, tapi dalam peran dan fungsi antara pria dan wanita juga ada yang tidak bisa dipaksakan bisa dikerjakan oleh keduanya.

Wanita sebagai hamba Allah yang lemah, memiliki peran amat besar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tanpanya, kehidupan tidak akan berjalan semestinya. Sebab ia adalah pencetak generasi baru.

Sekiranya di muka bumi ini hanya dihuni oleh laki-laki, kehidupan mungkin sudah terhenti beribu-ribu abad yang lalu. Oleh sebab itu, wanita tidak bisa diremehkan dan diabaikan, karena dibalik semua keberhasilan dan kontinuitas kehidupan, di situ ada wanita.

Wanita berperan besar dalam membangun Negara dan umat, ada ungkapan yang menyatakan; wanita adalah tiang Negara. Jika baik akhlak wanitanya maka menjadi baiklah semuanya.

Dari wanita-wanita yang baik akhlaknya inilah akan lahir peradaban baru yang gemilang. Peradaban baru yang ditokohi oleh mujahid-mujahidah yang berperan besar terhadap kepentingan Negara.

bersambung...

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia