Nostalgia dalam Lembaran Kertas (Final Part)


Kertas mengabadikan banyak kenangan, membuat hal-hal kecil terekam jelas di ingatan. Tak terlupakan dan bagiku disana ada kebahagiaan.

Lalu, sekarang saya mulai tersadar bahwa kertas seolah perlahan mulai terlupakan. Padahal saya ingat betul dulu teman satu kelas kerap kali membuat pesawat terbang dan kapal dari kertas. Main titip salam lewat pesawat terbang dari kertas kemudian saat hujan tiba perahu kertas pun berlayar.

Sekarang jika menanyai lagi teman-teman saya, sebagian besar banyak yang lupa bahwa dulu kertas pernah membuat bahagia berada di level puncaknya.

Di masa sekarang ini anak-anak sekolah lebih suka menunduk bukan membaca buku melainkan asyik dengan gadget, bahkan ketika hujan jarang ditemui main perahu kertas, mereka justru meringkuk sambil main gadget.
Dulu dan sekarang memang tak bisa dibandingkan sebab terpengaruh oleh kemajuan zaman, namun bagiku kertas tak boleh dilupakan. Dari sekolah tingkat taman kanak-kanak, kertas sangat dibutuhkan untuk mengajarkan praktik seni lipat, origami dan lain-lain.

Dalam kehidupan kita bahkan tak terlepas dari kertas, coba periksa dompet kita pasti isinya kertas seperti uang dan kartu nama. Pembungkus makanan juga ada banyak yang terbuat dari kertas, media cetak, karya seni, alat tulis hingga pelindung untuk pengiriman barang seperti kardus juga terbuat dari kertas.

Renungkan kembali tentang kebutuhan kita akan kertas. Ingat lagi betapa dulu ketika kecil kita sangat senang diberi buku dan pensil, betapa semangatnya kita mencoret-coret kertas sekalipun yang kita gambar hanyalah benang kusut namun, kita senang. Kertas membuat kita bahagia. Kertas membuat kenangan kita menjadi lebih indah.

Potongan persegi kertas putih yang begitu suci, dulu kita bahagia hanya dengan memiliki dan menggambari. Kertas, menyulap lembaran demi lembaran menjadi kenangan yang amat dirindukan.
Kertas mengabadikan potret-potret masa lalu yang tercetak sedemikian rupa, kertas mengekalkan berita, dan menerbitkan karya. Hidup memang tak lepas dari kertas jika kita menyadari hal itu.

Ketika kita mengenal dunia, kita akan diperkenalkan dengan kertas terlepas dari apapun aktivitas. Dalam kehidupan kita sehari-hari fungsi kertas sangat banyak, diantaranya; berfungsi sebagai alat tulis yaitu kertas yang menjadi wadah atau tempat menulis dan menggambar sesuatu, kertas berfungsi sebagai wadah pembungkus makanan contohnya kertas nasi, berfungsi sebagai bahan media cetak contohnya seperti koran dan majalah, berfungsi sebagai bahan utama produk kertas contohnya seperti kalender dan buku, kertas juga berfungsi sebagai bahan pembuatan karya seni contohnya seperti kertas origami dan kertas lipat, kemudian kertas berfungsi sebagai bahan pelindung untuk pengiriman barang-barang contohnya seperti kardus, sebagai pembersih contohnya tisu, lalu kertas sebagai dokumentasi suatu peristiwa misalnya cetak foto yang membutuhkan kertas, kemudian fungsi kertas lainnya yaitu sebagai bahan untuk media pemasaran contohnya pamflet dan banner.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia