Nostalgia dalam Lembaran Kertas (Part I)


Kertas adalah suatu media alat tulis yang sangat diperlukan oleh manusia untuk menulis. Dilansir dari penemu.co menyebutkan bahwa menurut sejarah kertas ternyata sudah ditemukan di masa lampau oleh orang China. Ia bernama Cai Lun (Ts’ai Lun). Cai Lun adalah orang yang berkebangsaan Tionghoa yang lahir pada zaman Dinasti Han yang sudah ada pada abad ke 1 Masehi.

Cai Lun sendiri lahir di daerah Guiyang namun sekarang nama wilayahnya adalah Provinsi Hunan, Cai Lun ini nama lengkapnya adalah Cai Jungzhon. Ia diperkirakan lahir pada tahun 50 Masehi. Cai Lun mendapat ide membuat kertas ini dari kulit pohon, sisa sisa rami, kain kain, dan juga jaring ikan. Nah, dulu Cai Lun membuat kertas yang terbuat dari kulit kayu murbei.

Bagian dalam dari kulit kayu murbei ini didalamnya direndam di dalam air dan dipukul-pukul sampai seratnya terlepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan.

Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Hingga kemudian jadilah kertas, meskipun tentunya tidak sebagus dengan kertas sekarang ini. Namun penemuan ini sangat penting dalam kehidupan umat manusia.

Di tahun 105 M (Seratus Lima Masehi), Cai Lun memperkenalkan dan mempersembahkan kertas temuannya kepada Kaisar Dinasti Han. Catatan tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.

Kaisar amat girang atas penemuan Cai Lun, dan Cai Lun pun naik pangkat, mendapat gelar kebangsawanan dan menjadi cukong (Pengusaha yang memiliki kekayaan besar dan terkenal di mana mana). Cai Lun sendiri wafat pada tahun 121 Masehi.

Hingga sekarang dunia mengenal Cai Lun sebagai penemu Kertas yang merupakan salah satu penemuan terpenting sepanjang peradaban manusia dimana sebelumnya orang-orang lebih banyak menggunakan media kulit binatang atau pelepah pohon seperti yang digunakan bangsa arab dan mesir kuno sebagai media tulis menulis.

Kertas memang amat penting bagi kehidupan, betapa tidak sebab dulu orang-orang berkirim surat tentu memakai kertas. Saat pertama kali belajar menulis, yang menjadi media adalah kertas. Sudah sejak dulu ada banyak hal yang bergantung pada kertas, fungsinya dalam kehidupan amatlah penting.

Bersambung...

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia