Cegah Asam Lambung Naik dengan Cara Ini


Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Terkadang ada banyak orang yang tidak memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga bisa menyebabkan asam lambung naik, dan orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat akan dengan mudah terserang penyakit asam lambung yang menyakitkan.

Diolah dari berbagai sumber, bagi yang tidak ingin terkena penyakit asam lambung, berikut beberapa tips untuk mencegah asam lambung naik.

- Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan asam lambung cepat naik. Maka dari itu, bagi orang yang memiliki berat badan berlebih, sebaiknya melakukan olahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan. Sebab secara tidak langsung, dengan berolahraga dapat mencegah asam lambung naik.

- Kurangi makanan yang dapat memicu asam lambung naik

Makanan tersebut seperti tomat, bawang putih, jeruk, dan lain sebagainya. Makanan tersebut hendaklah tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Sangat disarankan untuk mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas.

- Minum air putih

Dalam sehari minumlah air putih secukupnya minimal 8 gelas perhari. Dengan meminum air putih maka lambung akan dibersihkan oleh cairan yang terdapat dari air putih tersebut.

Selain melakukan beberapa tips diatas, ingat untuk terus menerapkan pola hidup sehat seperti, mengonsumsi makanan yang menyehatkan, rajin berolahraga, dan tidur secukupnya. Dibiasakan untuk tidur malam selama 7-8 jam untuk mengistirahatkan organ tubuh dari segala aktivitas yang sudah anda lakukan di siang hari.

Jika mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, disarankan untuk periksa ke dokter dan dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang. Menerapkan pola hidup sehat akan sangat membantu dalam pemulihan asam lambung yang naik.

No comments