Inilah Makanan Terbaik Untuk Melawan Penuaan

ilustrasi penuaan
Perihal bertahan hidup, manusia tentu mengonsumsi makanan namun makanan yang sehat dan bergizi sangatlah dianjurkan. Nah, diantara banyaknya makanan sehat dan bergizi terdapat juga makanan terbaik untuk melawan penuaan. Dilansir dari Medical News Today, berikut makanan terbaik yang dapat melawan penuaan.

1. Edamame (kedelai)

Edamame atau kacang kedelai segar, telah menjadi makanan orang Asia selama beberapa generasi, tetapi kedelai juga mendapatkan popularitas di negeri Barat. Kedelai sering dijual dalam kemasan makanan ringan, tetapi juga ditambahkan ke berbagai macam hidangan, seperti sup hingga makanan berbasis nasi. Edamame, tahu dan tempe yang sering dikonsumsi sebenarnya kaya akan isoflavon, yang memiliki sifat anti kanker, anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Dengan demikian, kedelai dapat membantu mengatur respon peradangan tubuh, memperlambat penuaan sel, melawan mikroba, serta dapat melindungi diri terhadap jenis kanker tertentu.

2. Wortel

Wortel merupakan bahan kuliner yang umum, wortel juga direkomendasikan karena kandungan beta karotennya yang tinggi, pigmen dan karotenoid. Wortel juga dapat melindungi terhadap kerusakan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Beta-karoten dapat dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A, yang menurut National Institutes of Health (NIH), "terlibat dalam fungsi kekebalan, penglihatan, reproduksi, dan komunikasi seluler." Tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin A sendiri, jadi itu harus berasal dari makanan.

Pigmen juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kaya karotenoid seperti wortel adalah contoh utama makanan yang dapat melindungi terhadap penuaan dan kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh usia tua.

3. Sayuran Crusiferous

Sayuran crusiferous mencakup beragam sayuran hijau seperti kubis, brokoli, kubis Brussel, kembang kol, bok choy, lobak, dan kale. Sayuran crusiferous bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Sayuran ini mengandung kandungan gizi yang sangat kaya, termasuk banyak vitamin (C, E, K, dan folat), mineral (kalium, kalsium, selenium), dan karotenoid (lutein, beta-karoten, zeaxanthin).

Beberapa glukosinolat tampaknya mengatur respon stres dan peradangan tubuh yaitu yang memiliki sifat antimikroba, dan memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung.

4. Ikan Salmon

Terlalu banyak mengonsumsi sebagian besar daging merah dan beberapa jenis daging unggas bisa berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Alternatif yang baik untuk protein dalam hal ini adalah ikan, dan salmon khususnya, sebab memberi banyak manfaat gizi.

Salmon dikemas dengan protein, dan juga mengandung banyak asam lemak omega-3, yang dikatakan bermanfaat untuk penglihatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 melindungi terhadap sindrom mata kering, ditandai dengan pelumasan mata yang tidak memadai, yang dapat menyebabkan nyeri dan penglihatan kabur.

Selain itu, asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan kesehatan otak, dan penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan.

5. Jeruk

Untuk waktu yang lama, buah jeruk telah direkomendasikan oleh ahli gizi karena kandungan vitamin C yang tinggi, memiliki sifat antioksidan, dan dikatakan membawa beragam manfaat kesehatan, termasuk untuk mengurangi kerusakan peradangan, dan untuk menangkis infeksi.

Buah jeruk mengandung lebih banyak senyawa organik -seperti flavonoid, coumarin, dan karotenoid- yang telah dikatakan memiliki efek protektif terhadap kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit neurodegeneratif.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat melawan penuaan. Selain itu, juga didukung dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur. Jangan lupa bahwa pola hidup sehat juga memengaruhi kebahagiaan hidup.

No comments