Masker Kopi, Cara Alami untuk Kulit Tampak Awet Muda

masker kopi
Banyak orang yang berusaha mempertahankan kekencangan kulit terutama bagian wajah, tentu ini lebih didominasi oleh para wanita. Terlihat awet muda meskipun umur sudah memasuki usia senja adalah impian banyak wanita, hingga tak jarang banyak juga yang memilih cara instan yang justru merusak kulit.

Nyatanya ada banyak cara alami untuk menjaga kesehatan kulit dan tampak awet muda, salah satunya yaitu dengan menggunakan masker kopi. Ternyata kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi. Bubuk kopi juga dapat diolah menjadi masker kopi untuk kecantikan kulit, dioleskan pada permukaan wajah, dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering, untuk kemudian dibilas bersih. Proses mendiamkan ini bertujuan agar bahan aktif dalam masker tersebut meresap ke dalam kulit.

Diolah dari laman alodekter.com, menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dan kafein kopi baik untuk kulit. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan  menjadi makin aktif setelah dipanggang. Kandungan antioksidan kuat seperti polifenol, asam klorogenik, asam quinic dan asam ferulic yang terkandung dalam ekstrak kopi, terutama kopi arabika, disebut dapat memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput, hingga pigmentasi kulit.

Sementara senyawa kafein dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan memperlambat proses penuaan kulit.

Untuk membuat masker kopi di rumah, berikut yang perlu disiapkan:
- 4 sendok makan bubuk atau biji kopi yang telah dihaluskan.
- 1 sendok makan gula atau garam.
- 2 sendok makan susu atau yoghurt tanpa rasa. Dapat juga menggunakan madu, minyak zaitun, atau minyak kelapa asli.

Cara membuatnya:
- Campurkan semua bahan pada satu wadah.
- Aduk semua bahan hingga merata. Jika menggunakan biji kopi, pastikan biji kopi sudah tergiling halus.
- Setelah masker kopi jadi, oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan.
- Biarkan mengering.

Nah, setelah masker kopi mengering diamkan beberapa menit untuk kemudian dibilas dengan air, akan lebih baik menggunakan air hangat. Dan jangan menggunakan masker ini bila kulit alergi terhadap kopi.

Dalam dunia kecantikan, masker kopi dipercaya memiliki khasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit awet muda. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan masker kopi di waktu senggang.

No comments