Serunya Merebus Telur di Air Putih Lebong

Air Putih Lebong (foto: ayuk fitriany)
Lebong, daerah pegunungan yang dingin memang banyak menyajikan tempat wisata yang amat indah. Tak hanya itu, tempat wisata di Lebong juga terkenal unik. Air Putih misalnya, di sungai ini memiliki dua sensasi air yang berbeda sebab terdapat dua mata air, satu air dingin dan satu lagi air panas.

Menurut cerita warga, tempat wisata ini disebut Air Putih bukan berati air yang ada di sungai ini memiliki warna putih seperti susu, akan tetapi karena jernihnya air yang dihasilkan dari mata air yang berada di tebing berbatu, sehingga dasar sungai inipun dapat terlihat dengan jelas. Karena hal inilah sungai ini diberi nama Air Putih.

Nah, daerah di sekitar Air Putih ini juga sangat sejuk. Pemandangan alam yang hijau dapat memikat mata dan memberikan keteduhan. Pengunjung yang datang dapat juga menikmati segarnya air dingin dan air panas disini dengan langsung mandi atau berenang. Para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan duduk-duduk santai di bebatuan dan pondok yang memang ada disediakan di lokasi.

Uniknya, saat datang ke tempat wisata ini, banyak pengunjung yang mencoba untuk menikmati sensasi merebus telur di air panas. Telur yang direbus memang benar-benar matang. Tak ubahnya ketika merebus telur seperti kebiasaan di rumah. Bedanya dengan di rumah, merebus telur disini lebih seru dengan pemandangan alam luas.

Setelah lelah berenang, pengunjung dapat menikmati telur rebus sambil duduk di bebatuan besar. Saat berendam, pengunjung hendaknya berhati-hati memilih lokasi air panasnya sebab ada lokasi tertentu yang dapat membuat kaki memerah karena panas.

Biasanya, pengunjung datang bersama keluarga atau sahabat. Untuk menempuh lokasi Air Putih dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Di lokasi ini terdapat area parkir dan pondok yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat. Terdapat pula warung-warung yang menjual makanan serta minuman.

Tertarik untuk berkunjung ke Air Putih Lebong?
Tempat wisata ini berlokasi di desa Air Putih kecamatan Pinang Berlapis kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Untuk menuju ke tempat ini juga tidak terlalu sulit. Sebab, ada dua alternatif rute, yang tersingkat adalah melalui jalan lintas Bengkulu – Argamakmur (Bengkulu Utara) – Lebong, dengan jarak tempuh sekitar 2,5 – 3 jam. Rute kedua yaitu melalui jalan lintas Bengkulu – Curup – Muara Aman, dengan perkiraan jarak tempuh 4-5 jam.

Nah setelah tiba di Kota Muara Aman, untuk mencapai lokasi pengunjung tinggal menempuh perjalanan sekitar 20-30 menit lagi. Saat tiba, pengunjung dapat merasakan sendiri serunya merebus telur disini.

1 comment

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia