Gusi Anda Sakit dan Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Seperti kulit, gusi juga bisa sensitif dan terasa gatal dan kejadian ini tidak sedikit yang pernah mengalami. Kemudian untuk penyebab dari gusi sakit dan gatal ini juga sangat banyak, mengingat bahwa gigi adalah organ paling rentan terserang rasa ngilu akibat perubahan suhu baik terlalu panas atau terlalu dingin. Akan tetapi sebenarnya hanya ada beberapa penyebab yang pasti terjadi mengapa gigi anda mengalami gatal dan sakit.

Dilansir dari Halosehat, berikut penyebab gusi sakit dan gatal:

1. Pengeroposan

Pengeroposan gigi terjadi ketika mengkonsumsi minuman dingin setelah makan makanan panas sehingga hal ini membuat gigi kaget dan terjadi perusakan. Akibatnya jika dibiarkan terus-menerus menimbulkan pengeroposan dan mudahnya merasakan sakit pada gigi. Namun, untuk mencegah kejadian ini bisa mengkonsumsi Makanan yang mengandung fluor dengan takaran yang pas guna mempertebal enamel dan mencegah gigi keropos.

2. Makanan dan Minuman Manis

Makan dan minuman yang manis memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika tidak dibatasi, maka bisa menyebabkan gusi mengalami gatal-gatal. Mungkin tidak cukup besar resikonya apabila gigi dalam keadaan sehat. Tetapi jika gigi mengalami pengeroposan, justru makanan dan minuman manis malah menjadi mala petakanya. Oleh karena itu, apabila mengunyah permen sebaiknya jangan terlalu banyak. Begitu juga dengan coklat yang lebih banyak kandungan gula atau manisnya. Supaya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan jenis ini, bisa ketahui bahaya makan manis berikut.

3. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Akibat dari rasa gatal dan sakit pada gusi ini bisa juga di timbulkan dari keseharian yang kurang bersih. Misalnya malas untuk menggosok gigi. Padahal jatah minimal seseorang untuk melakukan gosok gigi adalah 2x dalam sehari. Bahkan banyak di anjurkan pula jika menginginkan kondisi gigi yang lebih baik bisa menambahkan 1x gosok gigi jelang sebelum tidur.

4. Gusi Terluka

Untuk rasa sakit dan gatal pada gigi ini juga bisa di sebabkan karena telah terluka, dimana luka ini nantinya menyebabkan nyeri yang cukup menjalar. Mungkin luka yang di timbulkan karena cedera, terjatuh dan beberapa hal lain.

5. Kebiasaan Bruxism

Bruxism adalah kondisi seseorang yang suka menggemeretakkan gigi di saat tidur. Hal ini akan membuat gusi lama-kelamaan mengalami luka.

Gigi adalah bagian paling sensitif layaknya kulit. Apabila tidak menjaganya dengan benar, di kemudian waktu hal-hal negatif akan tertinggal begitu saja dan yang terjadi adalah menyesal. Satu hal yang perlu anda ketahui, gigi dan gusi paling tidak suka minuman dingin dengan suhu paling tinggi. Untuk itu minumlah air es atau dingin dengan takaran cukup dan perbanyaklah minum air putih yang jauh lebih menyehatkan.

Faktor lainnya, gusi gatal bisa menandakan adanya masalah kesehatan tubuh secara keseluruhan, dari yang ringan sampai dengan gejala yang memerlukan perhatian dokter. Jika kondisi ini terus dibiarkan, akibatnya bisa menimbulkan infeksi yang lebih serius.

Cara Mengatasi gusi sakit dan gatal:

Setiap orang pasti ingin terhindar dari penyakit gigi, baik dari gigi itu sendiri maupun gusinya. Tidak heran jika dari mereka yang mengalami sakit pada gusi sering mencari penanganan yang cepat. Ada beberapa cara di bawah ini yang bisa anda terapkan jika terjadi sesuatu pada gusi.

1. Menggunakan Obat

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan obat antihistamin. Apabila mengkonsultasikan pada dokter, biasanya dokter memberikan resep khusus sebagai obat penyembuhan gusi yang gatal dan sakit. Untuk obat jenis ini juga termasuk ke dalam salah satu obat gatal biduran yang cukup membantu meredakan rasa gatal.

2. Kumur Air Garam

Berkumurlah dengan air garam. Hal ini karena bisa saja terjadi penumpukan plak yang tersembunyi dan sulit di jangkau oleh gosok gigi. Padahal plak sendiri yang menyebabkan gusi anda sering mengalami gatal. Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai kumur. Perlu diketahui juga bahwa garam ini juga menjadi salah satu bahan terpenting dalam cara menghilangkan karang gigi secara alami dan ampuh.

3. Oleskan Minyak

Minyak oles hangat apa saja bisa anda pergunakan untuk meringankan gusi yang sakit. Caranya dengan mengoleskan pada area luar yakni pipi dan bawah rongga dengan memberikan sedikit pijatan perlahan.

Tanpa disadari, saat gusi sakit dan gatal selain reaksi beberapa hal di atas, biasanya juga terdapat kuman di dalamnya. Kuman ini menyukai gigi yang tidak bersih atau sehat, sehingga bakteri di dalamnya mau tidak mau akan mencium minyak oles ini. Hasilnya, para kuman akan pergi dengan sendirinya.

Itulah penyebab gusi sakit dan gatal serta cara melakukan penanganan yang tepat. Supaya gusi tidak menjadi lebih sakit, berusahalah untuk menghindari berbagai makanan manis menjaga kebersihan gigi maupun gusi dengan baik dan benar.

No comments