Ini 4 Cara Efektif Menangkal Kolesterol Tinggi


Kolesterol tinggi merupakan keadaan berbahaya dan harus segera diatasi. Pasalnya, semakin tinggi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, kemungkinan terjadinya penyakit jantung dan stroke juga semakin meningkat.

Nah, untuk menekan risiko penyakit berbahaya tersebut, salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan yang tepat. Dilansir dari Halosehat, berikut kiatnya:

1. Membatasi asupan lemak jenuh

Tidak semua lemak perlu dihindari. Hanya perlu mengindari asupan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti mentega, minyak sawit, margarin, gajih, dan produk olahan susu berlemak.

Sebagai gantinya, dapat memilih lemak tak jenuh yang berasal dari aneka jenis ikan, gandum, kacang-kacangan atau sayur. Saat memasak juga bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun atau minyak kanola.

2. Gunakan metode masak yang sehat

Sebelum mengolah ayam, bebek atau daging lainnya, buang dan sisihkan bagian lemak atau kulit yang masih menempel.

Saat mengolah, hindari menggorengnya. Akan lebih baik jika Anda mengolah bahan makanan tersebut dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Untuk memperkecil penggunaan mentega dan margarin, bisa memasak dengan menggunakan teflon atau wajan anti-lengket.

3. Batasi konsumsi daging

Daging merah merupakan sumber protein yang baik. Namun, daging memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Bagi penggemar hidangan dari daging, bisa mengganti steak atau semur daging dengan menu lain yang lebih sehat, seperti ikan atau tahu dan tempe. Namun, jika masih ingin makan daging, batasi konsumsinya hanya satu minggu sekali.

4. Perbanyak konsumsi serat

Serat baik dikonsumsi untuk kesehatan saluran cerna dan dapat ditemukan serat pada buah-buahan, sayuran, gandum, oat dan kacang-kacangan.

Selain itu, juga dapat mengonsumsi plant sterol dan stanol, yang terbukti dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Plant sterol dan stanol bisa Anda temukan pada selai, jus jeruk, yoghurt rendah lemak, atau suplemen jenis tertentu.

Agar lebih efektif menangkal kolesterol tinggi, tindakan di atas dapat dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan selalu mencukupi kebutuhan gizi harian, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, cegah stres, dan hindari merokok maupun konsumsi minuman beralkohol.

Di samping itu, juga dianjurkan untuk memeriksa kesehatan secara berkala ke klinik atau rumah sakit terdekat. Tindakan ini bertujuan agar kesehatan, termasuk kadar kolesterol di dalam tubuh, terus terpantau dengan baik.

No comments