Kita Adalah Beda yang Terlalu Sama


Dulu sewaktu masih aktif nge-tumblr aku sering baca tulisan-tulisan disana. Tapi, sejak tumblr diblokir pemerintah dan aku tidak bisa buka tumblr lagi akhirnya pindah ke blog kadang juga facebook.

Di tumblr dulu aku pernah baca tulisan panjang dan sayang aku ingat hanya penggalan kalimat ini: "Kita adalah beda yang terlalu sama, dan kita adalah sama yang terlampau berbeda."

Nah, kalau dipostingan tumblr itu arah maksud tulisannya mereka saling mencintai namun berBEDA keyakinan. Tapi, aku ingin menyoroti dari sudut pandang lain... Aku ingin mengutarakan BEDA dari sisi yang lain.

Awalnya kuposting penggalan kalimat itu di facebook, lalu ada seorang teman memberikan komentar: "sepatu." katanya. Lalu aku pun berpikir, "Oh iya yaa... benar juga hehe..."

Dan, tahukah kau teman? Bahwa sepatu adalah pasangan yang serasi. Sepasang sepatu itu tak pernah sama, tapi mereka saling melengkapi. Sepatu kanan dan kiri sama tetapi berbeda, maksudnya tidak memiliki bentuk yang sama namun saling melengkapi.

Sepatu juga pengertian, mereka tidak harus melangkah bersama-sama. Sebab berjalan secara bergantian dan tahu kapan harus mendahulukan pasangan, hingga akhirnya tercipta langkah yang indah.

Lalu, kenapa sepatu adalah pasangan yang serasi?
Itu karena mereka berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Berjalan kemanapun selalu beriringan dan menuju jalan yang sama. Dan sepatu ini tidak akan nyaman jika dipakai dengan yang bukan pasangannya.

Bayangkan dua insan yang memiliki sifat berbeda namun prinsip dan tujuan mereka sama, serasi sekali. Mereka pastilah pasangan yang saling melengkapi.

Kupikir memang itulah alasan atas sesuatu yang diciptakan berpasang-pasangan. Agar mereka saling melengkapi. Siang dan malam, kanan dan kiri, panas dan dingin, hitam dan putih... lalu... aku dan kamu. #oops ^^

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia