Ingin Tetap Liburan Selama Bulan Ramadhan? Ini Tips yang Harus Diterapkan

foto: Eva De
Bulan Ramadhan jatuh esok hari, itu berarti dini hari kelak sudah mulai sahur. Nah, banyak orang ketika berpuasa hanya melakukan aktivitas dan kegiatan di dalam rumah saja, takut bepergian atau sekedar liburan atau refresing untuk menenangkan pikiran, karena khawatir akan menguras banyak energi. Sehingga seringkali bosan atau jenuh melanda, dan akibatnya kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Padahal, menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, bukan berarti menghentikan segala aktivitas yang biasa dilakukan seperti jalan-jalan atau liburan. Sebenarnya wisatawan yang sedang berpuasa sekalipun tetap bisa berlibur dengan nyaman di bulan puasa ini, dengan menerapkan beberapa tips agar kondisi kesehatan tetap fit juga ibadah tetap lancar selama liburan.

Agar liburan dan ibadah di Bulan Ramadhan tetap berjalan dengan lancar, ada beberapa tips berlibur saat puasa yang bisa diikuti, yaitu:

1. Dimulai dari pada saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi, sekalipun sedang liburan tetap sehat bugar mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan untuk dikunjungi.

2. Bawa perlengkapan ibadah, tentunya hal ini sangat penting. Agar bisa tetap lancar beribadah di destinasi tujuan, selalu siapkan dan bawa peralatan ibadah di dalam tas. Wisatawan bisa membawa Al-Qur’an berukuran saku dan peralatan shalat (mukenah atau sarung).

3. Bawa air mineral, fungsinya sebagai penghilang dahaga dan untuk membatalkan puasa jika terpaksa berbuka puasa dalam perjalanan menuju destinasi atau tempat wisata.

4. Pilih kegiatan wisata yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan, misalnya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki nilai religi. Wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan Ramadhan yang ada di tempat tujuan wisata. Jadi, tetap bisa berlibur sambil menambah pengetahuan mengenai Agama Islam.

5. Jangan pilih kegiatan wisata yang terlalu melelahkan fisik. Karena dalam keadaan berpuasa, maka pastikan kegiatan yang dilakukan tidak menghabiskan energi dan melelahkan fisik. Hal ini akan membuat dehidrasi karena kurangnya asupan cairan pada saat berpuasa, dapat berakibat kurang fit nya kondisi tubuh sehingga tidak maksimal dalam menjalankan ibadah puasa atau bahkan bisa membatalkannya.

6. Jangan lupa bersedekah dan menolong sesama, tujuannya untuk menambah pahala di Bulan suci ini. Selalu bersedekah dan menolong sesama yang membutuhkan yang dijumpai selama perjalanan menuju destinasi.

7. Berbuka puasalah dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu, untuk menggantikan energi yang telah terbuang selama seharian di perjalanan. Beribadah dan beristirahatlah sejenak sebelum kembali melakukan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya.

Nah, wisatawan dapat menerapkan tips berlibur saat puasa di atas agar liburan dan ibadah akan senantiasa lancar. Dan jangan lupa untuk selalu merencanakan perjalanan dari beberapa saat sebelum hari keberangkatan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia