Memanjakan Pikiran di Danau Tes yang Menawan

Danau Tes
Danau dengan tampilannya yang tenang cocok sekali sebagai tempat untuk memanjakan pikiran. Terlepas dari hingar bingar keramaian kota, terkadang danau menjadi tempat wisata yang digemari pengunjung untuk menyegarkan pikiran. Danau Tes misalnya, air danau yang jernih dan dingin, serta udara sekitar yang amat segar, benar-benar memanjakan pikiran setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Terkenal dengan legenda ular kepala tujuh, Danau Tes adalah sebuah danau terbesar di Provinsi Bengkulu yang terbentang antara dua buah dusun adat suku Rejang, yaitu: dusun adat Kutei Donok (Desa Tengah) dan dusun adat Tes. Danau ini terletak di Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, dan berada di lereng pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian sekira 500 meter di atas permukaan laut.

Pada zaman penjajahan Belanda di Bengkulu terutama masa penambangan emas di Lebong (tahun 1912), Danau Tes sudah dimanfaatkan dan dibangun sebagai Tenaga Listrik dengan cara dibendung guna menerangi pertambagan emas di Lebong Simpang, Tambang Sawah, dan Kota Muara Aman.

Danau ini sangat indah, gugusan Bukit Barisan tampak mengepung, dan pemandangan semakin cantik ketika kabut masih berembus di sekitar danau. Melihat pemandangan disini akan menghasilkan rasa nyaman dan tenang.

Pengunjung yang datang ke tempat ini kerap kali bersama keluarga atau teman-teman. Spot foto disini juga sangat memukau, pasalnya nuansa alam yang masih alami dapat dilihat di tempat ini. Hijau dan tenang sejauh mata memandang.

Danau Tes berjarak sekira 25 km dari pusat kota (Muara Aman), 44 km dari Curup, dan sekira 127 km dari kota Bengkulu. Nah, pengunjung dapat mencapai lokasi danau dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Berlibur akhir pekan atau ketika liburan nasional ke tempat ini tentulah tak akan mengecewakan, pemandangan di sekitar Danau Tes akan membuat pikiran segar kembali.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia