Cara Menjaga Kulit Tetap Cantik Saat Puasa

foto: Ayana Moon
Tetap terlihat cantik di waktu apa pun sangat penting bagi wanita, tak terkecuali di saat puasa. Walaupun saat puasa waktu makan Anda menjadi terbatas, namun ini bukan halangan  untuk merawat kulit agar tetap cantik saat puasa. Dengan terus menjaga kulit saat puasa, pastilah akan terlihat lebih cantik saat hari Lebaran tiba.

Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, bisa melakukannya dari dalam dan luar. Beberapa hal yang bisa dilakukan agar kulit tetap terlihat cantik saat puasa adalah:

1. Konsumsi makanan yang sehat untuk kulit

Jaga kecantikan kulit dari dalam. Maksudnya, harus mengonsumsi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit agar tetap terlihat cantik. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan lapisan lemak yang baik di bawah kulit dapat melindungi kelembaban kulit dari dalam. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Antioksidan diperlukan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bisa mendapatkan antioksidan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Sehingga, butuh mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran saat sahur dan berbuka (setidaknya 5 porsi) untuk mendapatkan semua nutrisi ini.

Asam lemak omega-3 juga diperlukan untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari konsumsi ikan berlemak, minyak ikan, alpukat, kacang almond, hazelnut, minyak zaitun, dan minyak kanola.

2. Jaga asupan cairan

Selain makanan sehat, asupan cairan yang cukup juga diperlukan untuk menjaga hidrasi tubuh dan kelembaban kulit. Untuk itu, perlu mengonsumsi banyak cairan saat sahur dan berbuka. Kekurangan cairan saat puasa dapat membuat kulit menjadi kering, kurang kenyal, kurang elastis, dan mudah berkerut. Setidaknya, disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas atau lebih. Walaupun sedang puasa, ini bukan menjadi halangan untuk mencukupi kebutuhan cairan.

3. Jauhi stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat penuaan sel-sel kulit berjalan lebih cepat dan memicu timbulnya jerawat. Stres pada tubuh dapat memicu respon hormonal di mana tubuh dapat menghasilkan hormon yang memiliki dampak buruk pada kulit, seperti kulit kering, bergaris, dan kendur.

Sehingga, untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya hindari stres dan tidur yang cukup. Ingat, kurang tidur juga dapat membuat tubuh stres dan lelah. Tidur yang cukup dapat memberi waktu bagi tubuh untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel kulit.

4. Rawat kulit dengan baik

Untuk menjaga kulit dari luar, perlu untuk membersihkan kulit setiap hari, terutama kulit wajah. Mandi dan bersihkan kulit wajah dengan rutin, setidaknya dua kali per hari untuk menjaga kebersihan kulit. Setelah cuci muka, keringkan dengan handuk dengan cara menepuk wajah dengan lembut. Hindari penggunaan sabun yang kuat untuk mandi dan juga cuci muka.

Jika merasa kulit kering, pakai lotion atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit untuk melembabkan kulit. Pilih pelembab yang mengandug SPF untuk pemakaian sehari-hari.

Selain itu, juga perlu melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, cepat menua, dan masalah kulit lainnya. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15, menghindari sinar matahari antara jam 10-16, dan memakai pakaian yang tertutup.

No comments