Ingin Semangat Kerja Usai Libur Lebaran? Lakukan Hal Ini


Libur Lebaran berlangsung kurang lebih satu minggu. Selama liburan, tentu yang sehari-hari kerja di kantor akan menghabiskan waktu untuk melakukan sejumlah relaksasi baik wisata maupun kumpul bersama keluarga besar.

Setelah liburan berakhir maka akan dihadapkan kembali pada rutinitas sehari-hari yaitu bekerja. Nah, bagi yang sudah masuk kantor tapi masih lesu hendaknya melakukan beberapa kiat di bawah ini. Dilansir dari KlikDokter, berikut penjelasannya.

1. Lakukan semuanya secara perlahan


Post vacation blues (yang dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa terjadi depresi) sering dialami oleh orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres. Jadi, usahakan untuk pulang ke rumah pada satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi secara perlahan dengan rutinitas.

2. Relaksasi menjelang kerja


Kembali bekerja terkadang membuat stres. Untuk menghilangkan penat, tak perlu terburu-buru mencari tanggal merah untuk kembali berlibur. Luangkan waktu relaksasi seperti melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dapat menjadi pilihan tepat.

3. Segera move on dari liburan


Melihat foto-foto liburan sering kali membuat susah move on. Nah, boleh merencanakan liburan selanjutnya, namun fokus pada pekerjaan sekarang. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The journal Applied Research in Quality Of Life, merencanakan liburan dapat membuat lebih bahagia dan bersemangat kerja demi mengumpulkan uang untuk kembali berlibur.

4. Tingkatkan mood dengan camilan pendukung


Minum atau makanlah sesuatu untuk mengisi energi kembali. Biasanya bosan akan menimbulkan efek tambahan, yaitu kantuk dan lapar. Kopi bisa jadi salah satu solusinya untuk mengusir kantuk atau makanlah camilan yang dapat mengisi energi untuk memulai pekerjaan.

No comments