Ini Menu Sarapan yang Sehat dan Cepat untuk Keluarga


Banyak orang sering melewatkan sarapan dengan alasan tidak punya waktu cukup untuk menyiapkannya. Padahal, sarapan memberikan pasokan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melalui hari yang panjang. Tidak hanya itu, sarapan pagi juga dapat membantu tubuh lebih efisien dalam mengolah makanan sebagai energi, sehingga tidak cepat merasa lapar di siang hari.

Menjadi wanita karir yang sudah berkeluarga bukan alasan untuk tidak menyiapkan sarapan. Berikut beberapa menu sarapan sehat dan cepat yang bisa disajikan untuk keluarga.

1. Sereal

Sereal merupakan pilihan tepat untuk menu sarapan karena penyajiannya yang mudah dan hemat waktu. Sebagian besar sereal sarapan sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral, sehingga membuat sereal jadi pilihan menu sarapan yang lebih bergizi untuk keluarga. Untuk membuat menu sarapan menggunakan sereal, cukup tuangkan susu, masukkan sereal dan tambahkan buah-buahan segar, sarapan pun siap disantap.

2. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan bisa membuat kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Mengonsumsi telur secara rutin juga bisa membantu menjaga kadar gula darah serta insulin dalam batas normal. Tidak hanya itu, telur ternyata merupakan salah satu sumber kolin terbaik, yaitu nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan hati.

Oleh sebab itu, bagi yang memang ingin diet, menambahkan telur ke dalam menu sarapan bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya telur dapat membuat lebih berenergi dan mencegah makan lebih banyak hingga waktu makan siang tiba.

Untuk menyiapkan sarapan sehat yang cepat dan praktis, bisa membuat telur orak-arik (scrambled egg). Agar lebih bergizi, bisa menambahkan sayuran seperti wortel, jagung, bayam cincang ataupun jamur ke dalamnya. Jika ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti gandum.

3. Greek yogurt

Greek yogurt adalah yogurt yang sudah melewati tiga kali proses penyaringan untuk mengurangi kadar airnya, sehingga yogurt jenis ini mengahasilkan teksur yang cenderung lebih kental dibandingkan dengan yogurt biasa. Selain itu, yogurt jenis ini mengandung kalsium dan protein yang hampir dua kali lebih banyak dibanding yogurt biasa sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

Pilihlah plain greek yogurt (greek yogurt tawar tanpa perasa apapun) kemudian bisa tambahkan buah-buahan segar, kacang almond (atau kacang lainnya sesuai selera), dan granola untuk memberikan sedikit rasa manis serta meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat dalam menu sarapan.

4. Oatmeal

Semangkuk bubur oatmeal mengandung serat tinggi yang bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Oatmeal sendiri berasal dari oats, yaitu gandum untuh yang sudah melalui proses penggilingan.

Oatmeal memiliki rasa yang cenderung hambar. Meski begitu, bisa mencampurkan bubur oatmeal dengan madu, potongan buah segar sesuai selera, yogurt, atau bahan lainnya yang tidak kalah menyehatkan untuk rasa yang lebih mengundang selera.

5. Pisang

Selain beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, pisang juga bisa jadi menu sarapan sehat yang mudah dibuat dan disajikan untuk keluarga. Pasalnya, pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di musim apapun. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis menjadikan buah satu ini banyak digemari orang.

Untuk menu sarapan, bisa memakan pisang dengan berbagai cara. Misalnya, dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, dan dengan cara lainnya sesuai selera.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia