Kiat Menjaga Produktivitas di Tempat Kerja Saat Puasa


Puasa membuat produktivitas menurun? Walau puasa membuat kita kekurangan asupan makanan di siang hari, namun itu bukan alasan untuk tidak produktif. Sebaliknya, puasa justru bisa meningkatkan peforma . Pasalnya, beberapa pemborosan waktu yang umum terjadi, seperti ngemil pada jam kerja, tidak terjadi selama puasa. Dengan begitu, bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat atau menggantinya dengan melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Dilansir dari Meet Doctor, coba beberapa kiat ini untuk menjaga produktivitas  di tempat kerja:

1. Awali dengan pekerjaan yang menyenangkan

Pilihlah pekerjaan-pekerjaan ringan dan  suka untuk dikerjakan terlebih dulu. Tujuannya agar menjaga semangat  di pagi hari. Setelah itu, baru  beralih ke pekerjaan yang lebih menguras pikiran.

2. Olahraga ringan

Kendurkan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk di depan layar komputer.  cukup melakukan olahraga ringan, misalnya dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala dan menggerakkan kepala ke kiri serta kanan. Atau  bisa berjalan-jalan keluar ruangan untuk meregangkan otot.

3. Tidur siang

Rasa kantuk memang sulit dilawan, apalagi saat puasa. Daripada  menahannya dengan tetap memaksakan diri untuk bekerja, sebaiknya ambil waktu guna tidur siang. Memejamkan mata selama 15-20 menit bisa membuat  segar saat bangun dan mendongkrak produktivitas.

4. Hindari lembur

Siang hari adalah waktu yang sangat berat. Maka itu, selesaikan pekerjaan sebanyak mungkin di pagi hari, saat tubuh  masih dalam kondisi prima. Sebisa mungkin hindari lembur karena hanya akan membuat energi  lebih banyak terkuras dan makin mengantuk pada keesokan harinya.

5. Tidur cukup

Selama berpuasa, pola tidur  akan ikut berubah. Untuk menunjang produktivitas dan daya tahan tubuh, sangat dianjurkan untuk memerhatikan pola tidur. Karena harus bangun lebih pagi untuk sahur, maka sebaiknya majukan jadwal tidur . Jika di hari biasa  tidur pukul 11 malam, maka cobalah tidur pada pukul 9 malam selama bulan puasa. Hentikan kebiasaan begadang untuk menghindari rasa kantuk di siang hari.

6. Jangan tidur setelah sahur

Hampir sebagian besar orang memilih tidur setelah sahur dengan harapan agar tidak mengantuk saat beraktivitas di pagi harinya. Padahal sebaliknya, kepala  justru akan terasa pusing dan tubuh menjadi lemas setelah bangun tidur. Lebih baik, segera mandi dan bersiap berangkat ke kantor.

7. Rancang kegiatan yang menyenangkan

 bisa mengajak teman-teman untuk membuat kegiatan bersama, misalnya melakukan aksi sosial, merancang acara buka puasa di panti asuhan, membuat kerajinan tangan di jam istirahat, bikin hari dress code, dan sebagainya.

8. Sahur dengan yang baik

Sahur sangat penting untuk menopang aktivitas  seharian. Bisa dibilang, sahur merupakan sumber energi tubuh utama selama  menjalani puasa. Maka, pastikan sahur  adalah sahur yang baik, yaitu terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

No comments