Menu Berbuka Puasa yang Ringan dan Bisa Pulihkan Energi

Padatnya aktivitas sehari-hari seringkali terkadang membuat sulit berbuka puasa di rumah. Entah itu terjebak di perjalanan karena macet atau ada pekerjaan sangat penting yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal, hendaknya menyegerakan berbuka puasa jika saatnya tiba.

Lantas, bagaimana menyiasatinya? Caranya dengan mengonsumsi menu berbuka puasa yang ringan, praktis, dan menyehatkan. Carilah makanan yang bisa mengatasi rasa lapar dan menaikkan kadar gula darah kembali normal agar energi terisi kembali. Diolah dari berbagai sumber, berikut jenis menu berbuka puasa yang ringan untuk berbuka dan bisa dijadikan pilihan.

1. Kurma

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gula alaminya membuat buah ini cocok dijadikan menu berbuka puasa yang praktis karena dapat bantu mengembalikan energi yang hilang. Meskipun kaya akan gula, kurma tidak membuat gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Kandungan serat di dalamnya membantu memperlambat proses penyerapan gula darah sehingga mencegah hal ini terjadi.

Selain itu, serat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit yang sering terjadi selama bulan puasa. Kurma juga kaya akan kalium yang dapat membuat otot dan saraf berfungsi dengan baik. Mengonsumsi tiga butir kurma sudah cukup untuk membuat diri merasa segar kembali. Bahkan, kurma mengandung berbagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

2. Buah

Jika kegiatan sedang padat-padatnya, bisa mengandalkan buah sebagai menu berbuka puasa yang ringan dan praktis. Tentu saja menyehatkan dan dapat memulihkan energi.

Buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Rasa manis dari gula alami di dalam buah dan kandungan air di dalamnya membantu membasahi tenggorokan yang kering. Selain itu, juga akan kembali bertenaga karena tubuh mendapatkan asupan energi dari buah yang dimakan.

Hampir semua buah memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, saat puasa Anda mengonsumsi buah yang kaya akan kalium, karena zat mineral ini dapat membantu menormalkan keseimbangan cairan dan elektrolit yang hilang selama seharian berpuasa.

Salah satu buah yang tinggi kalium adalah pisang, yang juga mengandung karbohidrat sehingga bisa diandalkan untuk mengisi energi.

3. Cokelat

Di antara jenis coklat lainnya dark chocolate merupakan varian paling sehat untuk kesehatan. Dikutip dari Healthline, dark chocolate mengandung serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, kalium, kalsium, fosfor, zinc, dan selenium.

Berbagai manfaatnya juga telah terbukti untuk kesehatan seperti menangkal tubuh dari radikal bebas, menaikkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, makan dark chocolate saat berbuka bisa menjadi pilihan yang enak dan menyehatkan.

4. Snack bar

Snack bar adalah makanan kemasan yang biasanya berbentuk batangan padat yang terbuat dari tepung dan berbagai bahan lainnya. Snack bar bisa dijadikan menu berbuka puasa yang ringan tapi cukup mampu menahan lapar hingga makan besar nanti.

Namun, jangan sembarangan memilih snack bar. Usahakan untuk melihat label kemasan sebelum membelinya. Belilah produk yang tidak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet.

Usahakan untuk mengonsumsi snack bar sehat yang mengandung serat, rendah atau bebas gula, rendah garam, dan rendah lemak. Selain itu, snack bar juga mengandung kalori sekitar 100-150 kalori per bar sehingga cukup untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.

5. Kacang

Kacang bisa dijadikan pilihan sebagai menu berbuka puasa yang praktis dan ringan. Meskipun kacang umumnya tinggi lemak tetapi sebagian besarnya kaya akan lemak sehat, yakni asam lemak omega 3 dan omega 6. Selain itu, kacang juga kaya akan protein dan juga serat.

Protein bagus sebagai sumber energi dan serat bisa mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, kacang biasanya mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit saat berpuasa.

Kacang sangat baik dimakan untuk berbuka karena dapat membuat diri merasa kenyang tanpa makan berlebihan. Kacang almond, kenari, dan mete termasuk jenis kacang yang baik dikonsumsi untuk berbuka. Selain itu, ada baiknya mengonsumsi kacang mentah karena nutrisinya tetap terjaga dengan baik.

No comments