Cantik dan Mungil, Ini Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Kulit

Aprikot
Aprikot adalah buah kecil berwarna oranye yang berasal dari Tiongkok. Namun saat ini, hampir 90 persen buah aprikot ditanam di Amerika Serikat dan berasal dari California. Buah yang satu ini mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh salah satunya kulit. Berikut berbagai manfaat buah aprikot untuk kesehatan kulit.

1. Melawan radikal bebas


Manfaat buah aprikot yang pertama adalah bantu melawan radikal bebas. Paparan radikal bebas setiap hari dari asap kendaraan bermotor dan sinar UV tidak bisa dihindari oleh orang yang beraktivitas di luar ruangan. Ini membuat tubuh dan kulit sebagai lapisan pelindung tubuh terluar menjadi terancam kesehatannya.

Nah, aprikot termasuk buah yang mengandung sejumlah antioksidan yang cukup kuat.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melawan radikal bebas. Sumber antioksidan di dalam aprikot yang terbanyak berasal dari vitamin A (beta-karoten) dan vitamin C. Selain itu, aprikot juga kaya akan antioksidan lainnya seperti antioksidan polifenol seperti flavonoid.

Antioksidan di dalam aprikot membantu mengurangi penumpukan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk kerusakan kulit.

2. Mengatasi peradangan pada kulit


Selain mengandung antioksidan, aprikot juga mengandung senyawa antiradang. Kandungan antiradang pada buah aprikot membantu mengatasi peradangan pada kulit, misalnya saja jerawat, baik jerawat wajah maupun punggung.

Selain itu, senyawa ini juga membantu merawat berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan juga eksim. Oleh karena itu, memakan aprikot secara langsung atau menggunakan berbagai produk perawatan kulit berbahan dasar aprikot bisa menjadi alternatif untuk orang yang berjerawat dan mengalami masalah kulit lainnya akibat peradangan.

3. Melawan tanda-tanda penuaan kulit


Kandungan vitamin A di dalam aprikot juga mampu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti flek coklat dan hitam pada kulit tubuh, serta kerutan yang bersifat halus dan kasar akibat paparan sinar ultarviolet berlebih. Selain itu, kandungan vitamin E dalam aprikot juga membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

No comments