Cara Cepat dan Mudah Membuat Salad Buah yang Sehat


Salad merupakan makanan yang terdiri dari campuran aneka buah-buahan maupun sayuran segar yang ditaburi dengan bumbu-bumbu tertentu. Bumbu-bumbu ini biasanya untuk menambahkan cita rasa gurih, manis, asin, agar mempunyai sensasi tersendiri yang membedakan dengan mengkonsumsi buah atau sayur pada umumnya. Salad biasanya dijadikan sajian pembuka atau penutup sebagai pendamping makanan utama, tetapi dapat juga dikonsumsi secara tersendiri sebagai menu makanan diet yang sehat.

Untuk dapat menikmati salad buah yang lezat, tidak harus membelinya di restoran yang mahal. Salad dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Bagi orang yang sedang menjalani program diet, konsumsi salad merupakan menu yang tepat untuk keberhasilan penurunan berat badan. Dirangkum dari berbagai sumber, cara membuat salad buah sederhana yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan bahan


Cara membuat salad buah sederhana pertama-tama yaitu siapkan bahan-bahan untuk membuat salad buah, antara lain buah mangga, apel, melon, anggur, stroberi, buah cherry, pepaya, buah pir, nanas, semangka, alpukat, buah kiwi, dan sebagainya yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Kupas buah-buahan tersebut apabila terdapat kulit luarnnya, cuci sampai smpai bersih, kemudian potong kecil-kecil berbentuk kotak (potong dadu). Untuk menambah variasi rasa, Anda juga dapat menambahkan bahan nata de coco dan agar-agar secukupnya yang ukurannya juga dibentuk menjadi kotak-kotak kecil. Tempatkan semua bahan-bahan tersebut di dalam suatu mangkuk/wadah. Agar rasanya lebih segar, maka simpan buah-buahan tersebut di dalam lemari pendingin.

2. Cara membuat bumbu/saus


Cara membuat salad buah sederhana berikutnya yaitu membuat bumbu atau sausnya. Siapkan bahan-bahannya yaitu susu cair sebanyak 200 ml, gula pasir sekitar 100 gram, satu sendok makan tepung maizena, mayones sebanyak 6 sendok makan, dan keju parut secukupnya. Cara membuat sausnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan saus satu persatu.

Pertama kali campurkan susu dengan tepung maizena, dengan memasukkan 3 sendok makan susu ke dalam panci untuk dimasak dan masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Dalam memasak hendaknya menggunakan api yang sedang saja agar saus tidak gosong.

Setelah tepung maizena larut, masukkan sisa susu ke dalam panci dan tambahkan gula sebagai pemanis. Masak adonan tersebut hingga mendidih dan menjadi kental kemudian matikan kompor. Lalu angkat panci dan tambahkan mayones dalam adonan/saus tersebut dan aduk hingga rata. Setelah selesai simpan saus di dalam kulkas/lemari pendingin.

3. Menggabungkan buah dan saus


Setelah buah dan sausnya sudah dingin, keluarkan dari kulkas lalu siramkan saus ke dalam buah-buahan tersebut sampai merata. Terakhir, taburi dengan parutan keju agar rasanya lebih gurih dan nikmat. Selain dikonsumsi dalam keadaan dingin, salad juga dapat dikonsumsi pada suhu normal (suhu ruangan), tentunya menyesuaikan selera.

Informasi tentang cara membuat salad buah sederhana di atas, selain efektif untuk menurunkan berat badan juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain yaitu dapat melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, dapat mencegah kanker karena kaya akan zat antioksidan, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan mata, menyehatkan jantung, menyegarkan dan menyehatkan kulit.

Dengan mengkonsumsi salad secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit.

2 comments

  1. Waaaah ... kalo salad disajiin di wadah transparant kayak di foto itu ... bikin pengin langsung kuabisin 😁

    Menggoda banget tampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk samaaa... bikin ngiler aja, cuss praktek bikinnya biar greget :D

      Delete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia