Jangan Kaget! Begini Uniknya Kisah Cinta Bung Hatta

Bung Hatta dan Istrinya
Setiap orang pasti memiliki kisah cintanya tersendiri, berbagai kenangan indah yang melekat sebagian besar tak terlupakan.

Seperti yang diketahui bahwa H. Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Bapak Koperasi ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 dan meninggal dunia pada 14 Maret 1980 di Jakarta.

Ada banyak cerita menarik tentang Bung Hatta, termasuk cerita cinta Bung Hatta dan istrinya, Rahmi Rachim.

Mungkin tak seperti kisah romansa di novel-novel yang penuh liku dan plot, meskipun begitu kisahnya tetap indah. Beliau ini orangnya memang tak suka berbelit alias to the point. Makanya, dalam memilih istri ya demikian pula caranya. Dengan Rahmi, tak ada cerita cinta yang panjang. Diawali dari ketertarikan kemudian dipungkasi dengan Bung Karno yang meminta Rahmi untuk sang sahabat.

Sepanjang hidupnya, Hatta hanya memiliki satu orang istri, Rahmi yang akrab disapa Yuke. Usia Hatta dan Yuke yang terpaut 24 tahun, namun tidak membuat hubungan keduanya kaku. Saat dinikahi Hatta, Yuke baru berusia 19 tahun.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa keunikan dalam kisah cinta Bung Hatta selama hidupnya.

1. Dijodohkan dengan perempuan lain


Hatta pernah dijodohkan dengan Nelly, putri dari Mak Eteb Ayub, pengusaha Minang yang sudah seperti ayah angkat bagi Hatta. Kedekatan Hatta dengan Mak Eteb Ayub memang istimewa. Ayub mendukung kehidupan Hatta saat bersekolah di Batavia hingga Rotterdam, Belanda. Namun perjodohan itu gagal karena Bung Hatta bersikukuh untuk tidak menikah sebelum Indonesia merdeka.

2. Berjanji tak menikah sebelum Indonesia Merdeka


Suasana keprihatinan terhadap bangsa ini, membuat Hatta tak tega meninggalkan perjuangan sejenak pun hanya untuk menikah. Sehingga ia berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia. Dan sumpah itu akhirnya diwujudkan, yakni menikah setelah Indonesia merdeka dan dia menjadi Wakil Presiden.

3. Bung Karno melamar Yuke untuk Bung Hatta


Rahmi, istri Bung Hatta dikenal dengan nama Yuke. Sukarno, yang waktu itu menjabat Presiden sekaligus teman Bung Hatta mendatangi rumah orangtua Yuke. Ditemani R. Soeharto, Bung Karno datang untuk melamar Yuke untuk Bung Hatta. Abdul Rachim, ayah dari Yuke pun menyetujui lamaran itu setelah berbicara langsung dengan Yuke.

4. Usia terpaut 24 tahun


Bung Hatta menikah saat berusia 43 tahun pada 18 November 1945. Sementara Rahmi berusia 19 tahun. Sehingga usia mereka selisih 24 tahun. Namun demikian kisah cinta mereka tidak pernah menemui kendala hingga keduanya dipisahkan oleh maut.

5. Mas kawin berupa buku berjudul Alam Pikir Yunani


Pernikahan Bung Hatta dan Rahmi adalah pernikahan yang sangat sederhana. Keduanya hanya difoto saat berdiri berdua seusai akad nikah. Pada momen spesial itu, Hatta memberikan Rahmi mas kawin yang luar biasa, yaitu buku hasil karyanya sendiri. Buku tersebut berjudul Alam Pikiran Yunani.

Buku tersebut ditulis dalam masa-masa terberat Hatta, dan Hatta ingin menghadiahkannya pada wanita yang akan menjadi sahabat hidupnya hingga akhir hayatnya.

18 November 1945, Bung Hatta menikahi seorang perempuan bernama Rahmi Rachim di sebuah villa di Megamendung, Bogor. Dari pernikahan tersebut pasangan ini dikaruniai tiga orang anak. Kisah cinta keduanya adalah salah satu kisah yang mengagumkan.

No comments