Keren! Inilah Tari Ganau dari Bengkulu


Tari Ganau adalah tarian tradisional yang berasal dari provinsi Bengkulu sebagai warisan budaya yang turun temurun dan memiliki makna tersendiri dari setiap gerakan tarinya. Kini gerakan tarian Ganau telah banyak dikreasikan oleh para seniman tari. 

Tari Ganau adalah tarian tradisional yang memiliki ciri tersendiri. Iringan yang digunakan dalam tarian ini adalah alat musik seperti kendang, mandolin, rebab yang dimainkan dengan gaya melayu.

Pertunjukan tarian Ganau ini dimainkan oleh para wanita dan pria. Gerakan tarian ini dengan tempo lambat dan pada akhir tarian dengan tempo semakin cepat dan penari menghentakan kaki. Gerakan didominasi gerakan tangan dan melompat serta formasi yang harmonis.

Gerakan-gerakan dari tarian yang ada sekarang pun tidak lebih pastilah mengikuti perkembangan zaman yang dahulu, gerakan-gerakan yang ada sekarang adalah merupakan pembaharuan dari gerakan-gerakan yang sudah ada sejak dahulu.

Tarian tradisional ini merupakan tari yang harus dilestarikan, sebab warisan budaya seperti Tari Ganau adalah ikon daerah.

Barangkali tarian-tarian tradisional yang ada sekarang pun sudah mulai memudar karena banyaknya pemuda-pemudi yang sudah tidak bisa lagi melakukan budaya atau tarian dari daerah mereka masing-masing sendiri.

Untuk itu, sebagai generasi muda haruslah senantiasa menjaga semua warisan budaya yang ada di daerah termasuk tarian tradisional seperti Tari Ganau dari Bengkulu ini.

2 comments

  1. wah setuju sekali tuh karena kan kebanyakan pemuda sekarang terlalu sibuk mengikuti pekembangan zaman namun mereka lupa akan kebudayaan daerah
    jadi siapa lagi yang akan melestarikannya kalau bukan para generasi muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, dampak buruk arus globalisasi melanda generasi zaman now :D

      Delete