Perempuan Inspiratif! Riri Damayanti John Latief, Senator Muda Indonesia

Riri Damayanti John Latief
SUNFLOWORDS.COM, Meraih kesuksesan dengan prestasi-prestasi yang cemerlang adalah impian setiap orang. Tak terkecuali bagi para perempuan yang lazimnya dipandang lemah. Sebab, setiap orang bebas bermimpi setinggi-tingginya.

Sesungguhnya perempuan sangatlah kuat, takdirnya sebagai madrasah peradaban memang tidak bisa dipungkiri. Barangkali ada perempuan yang bercita-cita menjadi ibu rumah tangga, itu adalah cita-cita yang sangat mulia. Ada juga perempuan yang bercita-cita menapakkan kaki ke setiap penjuru dunia, bahkan ada yang memiliki impian memperbaiki sistem di negeri ini.

Setiap impian memiliki kisah inspiratif tersendiri, seperti kisah inspiratif perempuan asal Bengkulu ini; Riri Damayanti John Latief.

Banyak orang tentunya kagum dengan tumpukan prestasi yang sudah diraihnya. Ya! Dialah Senator termuda Indonesia. Tentu, untuk sampai pada posisi itu tidak diraihnya dengan hanya berpangku tangan. Itu adalah salah satu bukti bahwa perempuan tangguh ini berusaha keras meraih impiannya.

Senator Riri lahir di Bengkulu, 4 Februari 1990. Karirnya dimulai sebagai aktifis pemuda dan aktifis perempuan. Saat terpilih sebagai anggota DPD RI, ia memperoleh 87.541 suara.

Perempuan pendiri Komunitas Seribu Buku ini merupakan anak pertama pasangan seorang pengusaha John Latief dan seorang politisi Leni Haryati. Kemampuan membangun relasi, manajerial dan kepememimpinan ia peroleh secara otodidak dengan melihat langsung pengalaman kedua orangtuanya.

Nah, sekarang ini tentunya ia merupakan seorang politisi Indonesia yang menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia termuda mewakili Provinsi Bengkulu periode 2014-2019.

Hebat!

Tak hanya itu saja, alumni Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia dan Magister Manajemen di Universitas Bengkulu ini juga menerima berbagai penghargaan, diantaranya:
- Gelar Anak Suku Adat Tiang Empat dari Masyarakat Adat Kecamatan Pematang Tigo Kabupaten Bengkulu Tengah
- Gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Kecamatan Tapus Kabupaten Lebong
- Gelar Kakak GENRE "Generasi Berencana" BKKBN Provinsi Bengkulu (2017-2018)

Senator Riri
Perempuan inspiratif ini juga bertekad mengangkat derajat dan kemakmuran tanah kelahirannya yakni Bengkulu, Senator Riri Damayanti telah aktif berkecimpung dalam dunia politik sejak tahun 2009 ketika sang Ibu Leni Haryati terpilih sebagai anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2009-2014.

Tak lama setelah dinyatakan lulus dari Universitas Indonesia pada 23 Januari 2013, ia langsung mendaftarkan diri ke KPU RI pada 22 April 2013. Setelah terpilih dan dilantik pada 1 Oktober 2014, ia terus menyuarakan kepentingan Provinsi Bengkulu di Senayan.

Ia aktif menemui konstituennya di kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu untuk menyerap aspirasi, menyalurkan bantuan, mengakomodir usulan pemerintah daerah ke kementerian, melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan kegiatan lainnya.

Mengagumkan ketika seorang perempuan mampu mematahkan persepsi tentang dipandang lemahnya sosok perempuan. Senator Riri sudah membuktikan bahwa perempuan juga bisa aktif berkarya,  berprestasi, dan meraih mimpi.

Jejak-jejak inspiratifnya terukir di hati masyarakat Bengkulu, betapa tidak selain hebat dan terus menyuarakan jeritan hati rakyat, ia juga merupakan sosok yang hangat, pandai bergaul dan bersosialisasi.

Berikut riwayat jabatan dan organisasi Senator Riri Damayanti:
- Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga SEMAKU (Seluma, Manna, Kaur)
- Pimpinan Sementara DPD RI 2014
- DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Bengkulu (2013)
- Anggota Panitia Urusan Rumah Tangga DPD RI 2014-2017
- Anggota Komite II DPD RI 2014-2017
- Badan Kerjasama Parlemen (2016)
- Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI (KPP RI) 2014-2019
- Pendiri Komunitas Seribu Buku 2016
- Pimpinan Sementara DPD-RI 2016
- Pimpinan sementara DPD-RI 2017
- Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu (2016-2021)
- Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai (PJPP) 2015-2019
- Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu (2017-2018)
- Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu (2017-2020)
- Anggota Komite III (2017-2019)

Wedding Riri & Nico
Meskipun hari-harinya diisi dengan segudang kesibukan, Senator Riri tak mengabaikan perannya sebagai seorang perempuan. Ia resmi melepas status lajangnya pada Desember 2017 lalu. Prosesi lamarannya dibalut adat Rejang yang kental. Ia pun memantapkan pilihan hati pada sosok yang ia cintai yakni Nico Ardi Putra.

Setiap orang punya cara tersendiri dalam menginspirasi orang lain. Namun, beberapa hal penting patut dipelajari dari Senator Riri; kegigihan, ketekunan, dan kerja keras. Dan hal utama, selalu libatkan Tuhan disetiap langkah kehidupan.

Hidup Perempuan Indonesia!
Hidup Rakyat Indonesia!

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia