Senator Riri: Junjung Tinggi Toleransi dan Perkuat Nilai-nilai Sila Pertama Pancasila

Riri Damayanti John Latief
SUNFLOWORDS.COM, Guna membendung arus negatif globalisasi ke dalam mental generasi milennial, diperlukan upaya-upaya khusus seperti memperkuat nilai-nilai sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Senator termuda Indonesia, Riri Damayanti John Latief mengungkapkan, upaya untuk memperkuat nilai-nilai Ketuhanan itu dapat berwujud pemberian insentif yang lebih besar kepada pelaku-pelaku keagamaan.

Disamping itu, anggota Komite III DPD RI ini melanjutkan, pembangunan sarana dan prasarana keagamaan. Namun Senator Riri mengingatkan agar alokasi anggaran harus disalurkan sesuai dengan yang benar-benar menjadi kebutuhan umat beragama.

Perempuan yang meraih gelar Anak Suku Adat Tiang Empat dari Masyarakat Adat Kecamatan Pematang Tigo Kabupaten Bengkulu Tengah ini memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang memberikan insentif kepada imam, guru-guru mengaji, penyuluh agama dan kelompok keagamaan lainnya.

Ia juga menekankan pentingnya untuk saling menghormati dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda. Hal itu sebagai wujud pengamalan Pancasila karena tertera dalam pembukaaan UUD 1945 pasal 29 ayat 2 disebutkan bahwa 'Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.'

Oleh karena itu, Senator Riri mengimbau sebagai warga Negara sudah sepatutnya menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama dan saling menghormati antar hak dan kewajiban demi keutuhan Negara.

Dalam memperkuat nilai-nilai sila pertama Pancasila, Senator Muda Indonesia ini juga sadar akan dampak negatif globalisasi bagi generasi muda. Ia kemudian mengajak generasi milennial untuk mengedepankan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan, agar terbentuklah generasi muda penerus cita-cita bangsa yang unggul, kreatif, dan berakhlak mulia.

"Diharapkan seluruh elit politik dan pejabat pemerintahan hendaknya memberikan teladan dengan cara terus membumikan nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan Pancasila." tutup Riri.

No comments