Senator Riri: Lestarikan Adat Istiadat dan Kebudayaan Bengkulu

Senator Riri
Globalisasi telah melemahkan pengenalan seni tradisi daerah-daerah di Indonesia seiring dengan terkikisnya nilai–nilai adat istiadat dan kebudayaan daerah tersebut. Di Bengkulu sendiri, terdapat banyak adat istiadat dan kebudayaan seperti Rejang, Serawai, Lembak, Pasemah, Minang dan lain sebagainya.

Senator termuda Indonesia, Riri Damayanti John Latief, mengajak semua pihak terkait untuk membahas kembali permasalahan ini mengingat bila masalah ini tidak diperdulikan maka bukan mustahil akan menghilangkan identitas asal bangsa dan budaya di berbagai daerah.

"Demi mempertahankan nilai-nilai adat istiadat dan kebudayaan itu, Pemerintah tidak akan rugi bilamana mengalokasikan honor khusus bagi pengajar seni dan budaya serta tokoh dan lembaga adat sebagaimana pemberian honor kepada guru ngaji, imam, khatib dan pelaku-pelaku keagamaan." ujar Riri.

Menurut Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini, dukungan itu akan selaras dengan upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk membangun sektor pariwisata dan pendidikan. 

"Terutama dalam hal pendidikan, generasi muda zaman sekarang harus dapat memahami budaya dan adatnya sendiri agar tidak menjadi generasi yang hilang." tegas Senator muda ini.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini sendiri sejak dilantik pada Oktober tahun 2014 silam senantiasa mengalokasikan waktu, kesempatan dan dukungannya terhadap tumbuh kembangnya berbagai organisasi kesenian dan ekonomi kreatif.

Riri menyokong kegiatan kelompok kesenian Teater Jengkal untuk menggelar festival dan rumah produksi film Rafflesia Motion untuk membuat film yang mengangkat segala kebaikan tentang Bengkulu.

Dalam menjalankan tugas seperti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini beberapa kali melakukan kolaborasi dengan mengemas sosialisasi tersebut dalam bentuk pertunjukan teater.

Riri juga menjadikan huruf Kaganga dalam undangan pesta pernikahannya. "Meski tampak kecil, hal-hal semacam ini dapat dilakukan dalam upaya melestarikan nilai–nilai adat istiadat dan kebudayaan daerah Bengkulu yang kita cintai." kata Riri.

Dalam prakteknya, Komite III DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada pendidikan, agama, kebudayaan, kesejahteraan sosial, olahraga, kepemudaan dan sejumlah bidang lainnya

No comments