Soroti Potensi Ekonomi Kreatif, Senator Riri: Manfaatkan Momentum Asian Games 2018

Senator Riri (kiri)
SUNFLOWORDS.COM, Pemerintah Provinsi Bengkulu baru saja usai menggelar Festival Bumi Rafflesia Tahun 2018 yang menampilkan berbagai macam produk unggulan Bengkulu khususnya pada bidang ekonomi kreatif seperti Festival Kopi, Festival Kuliner, Kompetisi Seni Lukis, Pagelaran Seni Budaya, serta Kampung Basurek.

Anggota Komite III DPD RI Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaran Festival Bumi Rafflesia tersebut.

"Kegiatan seperti ini layak untuk dibuat secara berkelanjutan, bukan hanya untuk menarik wisatawan, namun juga untuk terus menggenjot daya saing ekonomi kreatif di Bengkulu." ujar Riri, Jumat (27/7/2018).

Senator termuda Indonesia itu menjelaskan, saat ini Pemerintah terus mendorong kinerja ekonomi kreatif, khususnya subsektor kuliner dengan sejumlah program permodalan dan pemasaran.

"Bekraf bahkan memfasilitasi mereka yang baru merintis usaha di bidang kuliner untuk bertemu secara langsung dengan investor," katanya.

Namun Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini mengingatkan agar para pelaku usaha kuliner untuk lebih memperhatikan tata kelola internal.

"Sebab, tidak sedikit usaha kuliner yang gulung tikar sebelum sempat berkembang secara masif." kata alumni Sarjana Psikologi UI ini.

Salah satu langkah yang perlu dilakukan, Riri menyarankan, melakukan analisis secara seksama terhadap produk kuliner yang ditawarkan dan secara terus menerus melakukan evaluasi terhadap menu apa yang disukai dan tidak disukai oleh konsumen.

"Pelaku usaha bidang kuliner harus bisa melakukan banyak inovasi," ujar Riri.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini mengungkapkan, masih banyaknya event yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi ke depan menjadi kesempatan bagi pelaku usaha kuliner di Bengkulu untuk terus menggeliat. Apalagi sebentar lagi akan ada Asian Games 2018.

"Bengkulu yang secara geografis dekat dengan tuan rumah Palembang bisa mengambil keuntungan dengan memperbanyak promosi saat tamu-tamu asing datang kesini," demikian Riri.

No comments