Tari Tradisional Lanan Belek dari Provinsi Bengkulu


Tari Lanan Belek merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bengkulu. Tari tradisional memiliki berbagai ragam jenis tarian tradisional beragam pula makna dan fungsinya.

Tarian Lanan Belek yang terinspirasi oleh cerita rakyat setempat tentang seorang bidadari yang tinggal dibumi karena selendang bidadari tersebut hilang diambil oleh pemuda.

Kisah tersebut seperti kisah Jaka Tarub yang pada waktu itu bidadari sedang mandi turun dari langit bersama teman-temannya dan harus tinggal dibumi karena selendang untuk terbangnya hilang dicuri seorang pemuda dan akhirnya pemuda tersebut hidup bersamanya.

Selendang yang sedang dicari oleh bidadari tersebut selama tinggal bersama pemuda itu akhirnya ditemukan dan bidadari meninggalkan pemuda itu terbang kembali ke khayangan.

Pertunjukan tarian Lanan belek tersebut menggambarkan serupa dengan cerita tersebut tetapi dalam tarian ini penari menggunakan pakaian adat khas Bengkulu berbehan beludru ditambah dengan perhiasan untuk menambah keelokan dan keindahan dari penampilan para penari Lanan Belek.

Jika wisatawan ingin melihat Tari Lanan Belek ditampilkan memang sedikit tidak mudah, karena harus datang ketika ada acara-acara tertentu di Bengkulu. Biasanya, dalam acara tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Lanan Belek.

Tarian ini adalah satu diantaranya kekayaan seni dan budaya Bengkulu. Sebagai generasi penerus, pemuda-pemudi Bengkulu hendaklah menjaga dan melestarikan budaya daerah.

Kekayaan seni budaya seperti ini tak akan tergerus zaman jika senantiasa dijaga dan dilestarikan. Dengan adanya sanggar tari diharapkan seni seperti Tari Lanan Belek ini dapat kembali diangkat ke permukaan hingga banyak orang mengenalnya.

2 comments

  1. Menarik sekali kisah seorang bidadari yg kehilangan selendang karena dicuri oleh seorang pemuda (Jaka Tarub) ditampilkan dalam bentuk tari tradisional Lanan Belek.
    Semoga suatu saat bisa menonton tarian tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, benar. ada cerita rakyat yang menarik di balik tari tradisional Lanan Belek...

      Delete