Terlalu Percaya Diri Adalah Gangguan Kepribadian


Menjadi seseorang yang percaya diri memang suatu keharusan. Kalau sering minder, semua hal yang berjalan di sekitar pasti tidak semulus yang diimpikan dan diharapkan. Namun apa jadinya jika malah over confident atau terlalu percaya diri?

Jangan sampai perasaan terlalu percaya diri justru membuat sulit dalam bersosialisasi, bisa jadi ternyata mengalami Narcissistic Personality Disorder atau gangguan kepribadian narsistik. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, gangguan kepribadian menimbulkan gejala yang bisa dikenali.

1. Berfantasi tentang kekuasaan


Jika seseorang sudah terobsesi dengan pekerjaan dan gila kekuasaan hingga bisa melakukan tindakan tidak masuk akal atau tidak bermoral, maka harus berhati-hati. Mungkin sekali orang tersebut mengalami gangguan kepribadian narsistik.

2. Percaya bahwa dia spesial


Tanda ini juga memiliki hubungan erat dengan gila kekuasaan. Jika seseorang sudah merasa diri penting, spesial, dan selalu ditunggu kehadirannya oleh orang lain, bahkan hingga membuat orang di sekitarnya kesal, maka bisa mengategorikan orang tersebut menderita NPD.

3. Jadi mudah tersinggung


Hal ini juga berhubungan dengan NPD, orang dengan gangguan kepribadian ini biasanya juga mudah tersinggung jika ada seseorang yang berkata kasar padanya. Namun reaksinya mungkin bukan sedih atau merasa bersalah, namun ia akan marah atau malah melawan.

4. Memimpikan kesuksesan


Semua orang pasti menginginkan kesuksesan. Namun berbeda dengan penderita NPD, mereka cenderung menginginkan semua kesuksesan, namun ia tidak memberikan usaha yang sama dengan apa yang diharapkannya. Ia selalu berfantasi tentang kesuksesan, namun mungkin jarang mendapatkannya.

5. Percaya bahwa setiap orang iri padanya


Gejala ini biasanya sangat menjengkelkan orang di sekitar penderita NPD karena sikap yang selalu negatif. Mereka dengan NPD akan menganggap apa yang dilakukan orang lain terhadapnya hanya berdasarkan iri saja. Ia tidak pernah menilai kebaikan orang lain terhadapnya.

6. Memanfaatkan orang lain


Penderita NPD juga sangat mungkin memanfaatkan orang di sekitar mereka. Jika sudah sangat dekat, biasanya mereka akan memperlakukan teman yang membantu seakan pembantu dan menyuruh mereka melakukan berbagai hal.

7. Menetapkan tujuan yang tidak masuk akal


Jika mereka biasanya membuat fantasi tentang kesuksesan, maka mereka juga biasanya menetapkan tujuan yang tidak masuk akal dengan pencapaian yang sangat sulit.

8. Tidak peka dan tidak mengerti perasaan orang lain


Hal ini biasanya yang membuat orang dengan NPD dijauhi, karena mereka tidak peka terhadap perasaan orang di sekitarnya dan cenderung menyebar anggapan negatif terhadap orang-orang di sekitarnya.

Meski tidak ada obat untuk mengatasi masalah gangguan kepribadian ini namun ada terapi yang bisa dilakukan. Orang terdekat, terutama keluarga harus mendukung penuh dan penderita juga harus bersedia melakukannya jika ingin gangguan ini bisa disembuhkan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia