Wow! Inilah Pesona Bengkulu Tengah dengan Air Terjunnya yang Indah

Provinsi Bengkulu menyajikan banyak tempat wisata yang menawan, baik itu wisata sejarah, alam maupun religi. Nah, satu diantara banyaknya wisata alam yang memukau adalah air terjun. Beberapa air terjun yang menakjubkan ada di Bengkulu Tengah. Libur akhir pekan pasti semakin seru dengan berkunjung ke tempat wisata ini.

foto: Teguh Ariyanto - air terjun Tabalagan

- Air Terjun Tabalagan


Dari Kota Bengkulu, ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh. Pertama, bisa lewat Desa Air Sebakul, kemudian lurus saja hingga ke Desa Langan Bungin, dengan jarak tempuh sekitar 24 km dari pusat kota.  Bisa juga, melewati Desa Kembang Sri, kemudian berbelok melewati Desa Taba Lagan. Dari simpang tiga Taba Lagan, lurus saja hingga 2 km hingga tiba di Pabrik Batu Bara. Dari pabrik tersebut, tinggal 500 meter lagi. Lebih disarankan banyak bertanya, karena jalan menuju lokasi air terjun hampir ‘tersembunyi’ dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor. Tetapi bila membawa mobil, parkirkan saja di depan jalan, karena masuk ke dalam hanya tinggal berjalan kaki sekitar 20 meter saja.

- Air Terjun Embun


Air Terjun Embun yang terletak di Desa Langanbungin Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah dengan ketinggian sekitar lima meter merupakan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan.

- Air Terjun Datar Lebar


Objek wisata Air Terjun Desa Lebar ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung Desa Datar Lebar. Air terjun setinggi 15 meter ini berada kurang lebih 10 Km dari jalan raya. Karena aksesnya yang masih relatif susah ditempuh, maka objek wisata ini kurang diminati, padahal jikalau kita mau berusaha sedikit dan menikmati suasana hutan yang masih asri, rasa letih tersebut dapat terobati dengan pemandangan alam air terjun tersebut.

- Air Terjun Luang Tengah


Air Terjun Luang Tengah meniliki ketinggian sekitar 15 m dengan 3 buah terjunan air. Terletak di Desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Butuh waktu 2 jam perjalanan dengan berkendara dari pusat Kota Bengkulu ke Kecamatan Merigi Kelindang. Setelah itu berjalan kaki 15 menit  melalui jalan setapak sejauh 200 m melewati pemukiman warga.

- Air Terjun Cughub Hujan


Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 15 m saja, akan tetapi memiliki suasana yang masih asri dan alami.  Aliran terjunan air ini  berasal dari aliran Sungai Rindu Hati.  Di bagian bawahnya terdapat kolam penampungan air yang memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa sehingga dapat digunakan untuk berendam atau mandi. Konon bagi pengunjung yang pernah mandi di aliran sungai dekat air terjun ini, mereka akan terkenang atau rindu untuk kembali mandi lagi ke tempat ini. Terletak di Desa Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

- Air Terjun Pintu Langit


Nama lain dari Air Terjun Pintu Langit adalah Air Terjun Kluntung.  Air terjun ini memiliki ketinggian hanya sekitar 12 m saja dan terletak di kawasan perkebunan Riau Agri Agung (RAA). Terletak di Desa Rena Kandis, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah. Berjarak tempuh sekitar 1 jam dari Kota Bengkulu atau 30 menit dari Pagar Jati melewati Simpang Tumbuk Desa Rena Jaya.

- Air Terjun Cughup Putri Mayang


Meski jarak tempuh untuk mencapai lokasi Cughup (Air Terjun) Putri Mayang yang ada di Desa Surau cukup jauh dan sulit lantaran harus menempuh jalan setapak, namun tak menyurutkan langkah kaki para pengunjung untuk menikmati keindahannya. Rasa lelah dan letih terbayar lunas saat pengunjung menikmati sentuhan embun dan butiran air yang jatuh ke pipi para pengunjung saat mendekati air terjun.

Selain air terjunnya, Bengkulu Tengah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Benteng ini juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah indahnya. Berbagai tempat wisata di Benteng sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia