Yuk, Sarapan Sehat dengan Makanan yang Baik Bagi Jantung


Bukan rahasia umum jika sarapan di pagi hari merupakan hal paling penting bagi kesehatan tubuh secara umum. Bahkan, sarapan makanan yang sehat dapat berdampak besar bagi kesehatan jantung.

Agar sarapan bisa memiliki manfaat besar, caranya dengan memilih menu sarapan yang sehat. Salah satunya adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Apa saja ya? Dilansir dari iNews.id ada tiga bahan makanan yang tak cuma bisa menjadi santapan sehat di pagi hari, tetapi juga mampu melindungi jantung. Yuk simak ulasannya.

- Kacang-kacangan


Jika tak terlalu suka makanan berat, tetapi ingin tetap merasa kenyang, pilihlah camilan yang sehat. Salah satunya, kacang-kacangan.

Sebab menurut penelitian, orang yang makan kacang secara teratur, memiliki potensi 14 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular dan 20 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan penyakit jantung koroner.

Hal ini karena kacang-kacangan mengandung lemak yang sehat dan tak jenuh, serta mengandung serat dan nutrisi lainnya.

- Salmon


Nah, tetapi jika menginginkan makanan berat, cobalah mengonsumsi ikan-ikanan seperti salmon atau tuna. Sebab, dua ikan ini mengandung omega-3 yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat menurunkan jumlah lemak dalam darah dan penumpukan plak di sepanjang arteri, sehingga menyehatkan bagi jantung.

- Sayuran Hijau


Tak ada salahnya mengganti 'lauk-lauk putih' atau makanan kaya karbohidrat seperti kentang, mie, nasi, dan roti dengan sayuran hijau. Tak cuma untuk sarapan, bisa juga sebagai makanan sehari-hari. Sebab, makanan mengandung karbohidrat dan tepung ini dapat berkontribusi untuk terkena gula darah tinggi. Inilah yang menyebabkan dapat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung.

Sebaliknya, sayur-sayuran hijau seperti kale, brokoli, dan bayam, mengandung banyak serat yang membuat kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran hijau juga rendah karbohidrat dan kaya vitamin K, A, C bersama mineral dan nutrisi lainnya.

Menambahkan sayuran hijau ke piring juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan mengurangi peradangan internal, yang menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung.

No comments