Ini 4 Bahaya Konsumsi Buah Nangka Bagi Ibu Hamil


Masa kehamilan adalah masa yang paling penting bagi para ibu hamil yang menantikan kehadiran buah hatinya. Menjaga asupan bergizi pun dilakukan untuk menjaga kualitas janin yang dikandungnya, salah satunya dengan mengonsumsi buah nangka.

Dilansir dari Babyologist, kandungan magnesium serta kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Selain itu, zat besi yang ada di dalam buah tersebut juga dapat mencegah ibu hamil terkena anemia.

Segala sesuatu yang menyehatkan bila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan efek negatif, tak terkecuali dengan buah nangka. Melansir Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa dampak dari mengonsumsi buah nangka secara berlebihan bagi ibu hamil:

1. Menyebabkan alergi

Seperti dilansir dari Mom Junction, terlalu banyak makan buah nangka dapat membuat ibu hamil mengalami alergi. Jadi, bila sebelumnya tidak pernah mengonsumsi buah nangka, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

2. Menimbulkan gangguan pencernaan

Konsumsi nangka dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare pada ibu hamil. Hal ini dapat terjadi karena buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Koagulasi darah

Menurut situs kesehatan Foods for Better Health, bila Anda menderita gangguan darah, kehamilan bukanlah momen yang tepat untuk mengonsumsi buah nangka. Sebab, nangka dapat meningkatkan koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan kadar gula darah

Nangka sebagai salah satu sumber gula alami dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi nangka perlu untuk dihindari bagi ibu hamil yang memiliki keluhan diabetes gestasional.

Konsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti ikan, daging, dan telur sebagai sumber protein dapat meningkatkan kesehatan kehamilan. Untuk pilihan buah lain yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah jeruk, apel, dan pepaya.

No comments