Ini 4 Misteri di dalam Benteng Marlborough

halaman di dalam Benteng
Bengkulu merupakan salah satu Provinsi yang layak dijadikan destinasi tujuan wisata di pulau sumatera. Salah satu objek wisata di Kota Bengkulu yang menarik dikunjungi adalah Benteng Marlborough. Benteng megah ini merupakan peninggalan jaman kolonial Inggris di Kota Bengkulu. Benteng ini dibangun Tahun 1713 hingga Tahun 1719 di bawah kepemimpinan gubernur Joseph Callet.

Benteng Marlborough dibangun sebagai pertahanan bangsa Inggris yang terletak di pesisir pantai Tapak Paderi di jantung Kota Bengkulu. Marlborough adalah benteng terbesar Inggris di Asia Tenggara. Bangunan benteng ini sangat kokoh dan kuat guna menghalau musuh-musuh Inggris pada jaman penjajahan yaitu Belanda, Spanyol dan penduduk pribumi.

Arsitektur bangunan ini sangat kental dengan gaya Inggris abad ke-18 yang megah dan cantik. Berbentuk seperti kura-kura, benteng ini memiliki detail-detail bangunan yang menganut desain eropa yang hebat dan Berjaya.

Berbagai catatan sejarah pernah terjadi di Benteng ini, diantaranya tentang kejadian dalam kehidupan bangsa Inggris di Bengkulu, beberapa pesta perkawinan, berbagai kisah perniagaan rempah–rempah di Bengkulu, hingga sejarah peperangan yang terjadi di masa itu.

Selain itu Benteng Marlborough juga menyimpan berbagai misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan. Kejanggalan-kejanggalan masih sering terjadi di tempat ini yang menjadi rumor umum bagi masyarakat sekitar bangunan ini.

1. Mahkluk Halus
Beberapa pengunjung yang sedang berjalan jalan di bagian lantai bawah mengaku sering diperlihatkan sesosok pemuda dengan keadaan kaki di rantai dan di pasung. Keadaan dan kondisi bawah tanah Benteng Marlborough memang lembab, dan menurut ahli supranatural tempat lembab memang seringkali menjadi tempat bersemayamnya para makhluk halus.

2. Suara Langkah Kaki

Tidak sedikit juga para pengunjung yang memasuki Benteng Marlborough Bengkulu ini mengaku mendengar suara langkah kaki. Seolah olah ada seseorang yang sedang berjalan, namun ketika dilihat tidak ada siapa siapa.

3. Bau Busuk

Selain penampakan sosok mahkluk halus dan langkah kaki, misteri yang paling sering dialami oleh setiap pengunjung yang datang adalah bau busuk. Bau busuk yang tercium menyerupai aroma bangkai binatang. Namun, pada kenyataannya tidak ada satupun bangkai di dalam gedung Benteng Marlborough Bengkulu ini. Karena keadaannya bersih dan terawat. Mungkin saja kejadian kejadian aneh yang acap kali muncul mengisyaratkan kejadian yang telah terjadi di masa silam.

4. Pintu Penghubung Alam Gaib

Berdasarkan beberapa isu yang beredar, konon di dalam Benteng Marlborough Bengkulu ini terdapat sebuah pintu untuk menuju alam gaib. Terdapat 3 buah pintu masuk yang tersebar di lokasi yang berbeda, yaitu di bawah jembatan, ruang penjara, dan pintu masuk gerbang.

Tidak semua orang yang berkunjung ke benteng Marlborouh pernah mengalami kejadian aneh di atas. Hanya segelintir orang saja yang pernah mengalaminya. Kebenarannya juga tidak bisa dipastikan karena tidak ada bukti yang kuat atas pengakuan itu. Namun ini bukan berarti kita tidak mempercayainya. Kita anggap ini sebagai sebuah misteri yang menjadi bagian kemegahan dan kekuatan supranatural benteng kebanggaan kita bersama ini.

(Artikel di atas adalah kiriman Septria Ambarwati, Komunitas Menulis Bengkulu)

2 comments

  1. Waktu baca judul, sempat ingin wisata ke benteng ini. Setelah baca artikelnya, jadi merinding sendiri ... Nggak jadi ke sana aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. misteri-misteri itu bikin makin seru loh, hehe... ini Benteng terbesar se-Asia Tenggara.

      Delete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia