Nah, Ini Penyebab Mata Minus yang Mungkin Tak Disadari


Mata minus atau dalam istilah medisnya disebut miopi, tidak bisa melihat jarak jauh dengan jelas. Itu kenapa orang-orang bermata minus umumnya memakai kacamata atau lensa kontak agar bisa melihat lebih baik.

Normalnya, cahaya dari luar harusnya jatuh tepat di retina agar bisa melihat dengan jelas. Namun pada mata minus, cahaya jatuh berada di depan retina mata sehingga benda atau tulisan yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur.

Hal ini terjadi karena bola mata lebih panjang dari yang seharusnya atau kornea yang terlalu melengkung. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan benar.

Para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa seseorang bisa punya sepasang mata minus, tapi melansir Hello Sehat berbagai faktor dan kebiasaan ini mungkin meningkatkan risiko:

1. Terlalu lama berkegiatan di dalam ruangan

Pencahayaan dalam ruangan umumnya lebih gelap daripada pancaran sinar alami di luar sana. Hal ini kemudian membuat mata lama-lama lelah.

Penelitian membuktikan menghabiskan waktu di luar ruangan dapat mengurangi risiko rabun jauh. Namun jika keadaan mengharuskan berkegiatan di dalam ruangan, maka usahakan atur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar tidak merusak mata.

2. Faktor keturunan

Penyebab mata minus yang mungkin tidak disadari adalah faktor keturunan. Apakah orangtua ada yang memiliki mata minus? Jika iya, bisa saja gangguan mata yang satu ini bisa menurun. Apalagi jika kedua orangtua memiliki mata minus, maka risiko pun semakin meningkat.

3. Kebiasaan membaca dan main gadget

Sadarkah bahwa kebiasaan membaca dan bermain gadget di tempat gelap dan menatapnya terlalu dekat bisa membuat penglihatan lama-lama menjadi buram. Ini adalah salah satu penyebab mata minus yang paling umum.

Setelah mengetahui berbagai penyebab mata minus, mulai sekarang usahakan untuk menghindari berbagai faktor risikonya. Jaga dan sayangi mata agar tidak menyesal di kemudian hari.

No comments