Jelang Masa Kampanye Pemilu 2019, Senator: Jaga Persatuan dan Kesatuan

Hj Riri Damayanti John Latief
SunfloWords.com - Jelang masa kampanye pemilihan umum (pemilu) 2019 yang jatuh pada tanggal 23 September 2018, anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief memberikan imbauan kepada seluruh warga masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk mengedepankan perdamaian.

"Sama-sama kita jaga agar situasi tetap kondusif. Ini kali pertama kita menyelenggarakan pemilu serentak untuk memilih anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, dan pemilihan presiden wakil presiden. Pastinya akan rawan konflik. Jaga persatuan dan kesatuan," kata Senator Riri, Jumat (21/9/2018).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini mencermati maraknya ujaran kebencian, pernyataan-pernyataan yang menimbulkan fitnah dan SARA yang jauh dari adab dan kesantunan. Menurut Senator Riri, hal-hal semacam itu tidak mendidik.

"Mari menjadi juru kampanye yang baik. Jangan rusak demokrasi kita dengan politik uang. Semua kita, baik para politisi, pihak penyelenggara maupun masyarakat harus menjadi pionir dalam menciptakan pemilu yang bersih, demokratis dan bermartabat," ungkap Senator Riri.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengapresiasi KPU RI yang telah menargetkan angka partisipasi pemilih bisa mencapai 77,5 persen di pemilihan umum (Pemilu) 2019, naik dari jumlah partisipasi pemilih dalam pemilu 2014 yang mencapai 75,11 Persen.

"Sama-sama kita upayakan agar melebihi target. Apalagi sekarang saya optimis sudah banyak masyarakat pemilih yang cerdas yang sadar bahwa mereka harus menggunakan hak pilihnya dengan sadar, bukan karena intimidasi, bukan karena uang," imbuh Senator Riri.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini kembali mengingatkan kepada millenial untuk berpartisipasi aktif sebagai pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019 mendatang. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat ada 5.035.887 orang pemilih pemula pada pemilu 2019 ini.

"Pemilu 2019 akan sukses bila semua pihak turut berperan aktif menyukseskan. Pelajari visi, misi dan program setiap partai maupun kandidat-kandidat yang tampil. Bila memungkinkan, ikut serta dalam setiap kegiatan sosialisasi dengan demikian kita bisa mengetahui apa janji dan gagasan yang akan diwujudkan oleh tiap-tiap kandidat," demikian Senator Riri.

Untuk diketahui, Komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite I DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pemerintah Daerah; Hubungan pusat dan daerah serta antar daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, Pemukiman dan kependudukan; Pertanahan dan tata ruang; Politik, hukum, HAM dan ketertiban umum; dan Permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

No comments