Panen Medali Emas di Asian Games 2018


Asian Games 2018 memberikan warna tersendiri bagi negeri, mulai dari semaraknya pembukaan, antusias saat pertandingan berlangsung dan banyak kisah seru lainnya seperti momen tak terlupakan saat Hanifan merangkul Prabowo dan Jokowi secara bersamaan.

Meriahnya Asian Games 2018 tak luput dari keterlibatan banyak pihak yang memang tak akan cukup dalam hitungan jari. Kemeriahan yang turut melibatkan peserta Asian Games termuda yang berusia belasan tahun hingga yang tertua dengan usia 66 tahun juga menyumbangkan tumpukan semangat selama berlangsungnya Asian Games.

Sementara prestasi Indonesia sebagai tuan rumah berhasil mencetak total 98 medali dengan rincian 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Jumlah medali emas yang didapat pada Asian Games itu sudah melampaui target awal. Dengan raihan medali ini, Indonesia mengakhiri Asian Games 2018 di posisi keempat klasemen peraih medali.

Dilihat dari jumlah perolehan medali emas, Asian Games 2018 menjadi yang terbaik bagi Indonesia sejak edisi pertama di New Delhi pada 1951.

Raihan 31 medali emas juga delapan kali lipat lebih banyak ketimbang pencapaian kontingen Indonesia pada Asian Games 2014 di Incheon.

Lumbung medali Indonesia berasal dari cabang olahraga pencak silat yang menyumbangkan 14 keping emas.

Hasil tersebut membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara dari kawasan Asia Tenggara yang berhasil mengakhiri Asian Games 2018 di posisi 10 besar.

Berikut urutan perolehan medali emas kontingen Indonesia pada ajang Asian Games 2018:

Minggu, 19 Agustus 2018
1. Defia Rosmaniar Defia Rosmaniar menjadi peraih medali emas pertama untuk Indonesia pada ajang Asian Games 2018. Defia menjadi yang terbaik di nomor poomsae perorangan putri.

Senin, 20 Agustus 2018
2. Lindswell Kwok Pendekar wushu 26 tahun ini meraih emas pada nomor andalannya, tajijian-taijiquan. Sebelumnya, Lindswell Kwok telah mengoleksi tiga emas SEA Games dan empat kali juara dunia.

3. Tiara A Prastika Tiara Prastika berhasil meraih medali emas pada balap sepeda gunung nomor downhill. Sebelumnya, dia sudah dua kali meraih medali perunggu pada Kejuaraan Asia 2017 dan 2018.

4. Khoiful Mukhib Pria 27 asal Jepara ini menjadi yang tercepat pada cabang olahraga sepeda gunung nomor downhill putra.

Selasa, 21 Agustus 2018
5. Eko Yuli Irawan Eko Yuli Irawan meraih medali emas pada cabang olahrga angkat besi kelas 62 kg putra.

Rabu, 22 Agustus 2018
6. Tim Paralayang Indonesia Tim paralayang Indonesia yang terdiri dari Hening Paradigma, Jony Efendi, Rony Pratama, Jafro Megawanto, dan Aris Apriandi berhasil mendapatkan medali emas pada nomor ketepatan mendarat beregu putra.

Kamis, 23 Agustus 2018
7. Jafro Megawanto Jafro Megawanto merupakan atlet paralayang Indonesia yang turun pada nomor ketepatan mendarat perorangan putra berhasil meraih medali emas yang ketujuh untuk Indonesia.

8. Aries Susanti Rahayu Aries Susanti Rahayu yang terkenal sebagai spiderwoman Indonesia ini berhasil merebut medali emas panjat tebing nomor kecepatan putri.

Jumat, 24 Agustus 2018
9. Tim Dayung Indonesia Tim dayung Indonesia yang terdiri dari Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, Ardi Isadi, dan Ujang Hasbulloh menyumbang satu-satunya emas cabang dayung dari nomor delapan pedayung putra.

Sabtu, 25 Agustus 2018
10. Tenis Ganda Campuran Pasangan tenis ganda campuran Indonesia, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi berhasil menyumbang emas setelah mengalahkan pasangan Thailand, Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana (Thailand) pada partai final dengan skor 6-4, 5-7, dan 10-7.

Minggu, 26 Agustus 2018
11. Rifki A Arrosyid Rifki Arrosyid berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga karate setelah selalu absen dari daftar penyumbang medali emas sejak 2002. Rifki meraih medali emas di kumite kelas 60 kg putra.

12. Aqsa A Aswar Diandalkan untuk meraih emas, Aqsa Aswa berhasil menjawab tantangan tersebut pada cabang olahrafa jetski nomor endurance runabout terbuka.

Senin, 27 Agustus 2018
13. Puspa Arumsari Puspa Arumsari merupakan pesilat yang membuka keran medali emas bagi Indonesia dari cabang pencak silat. Dia meraih medali emas dari nomor seni tunggal putri.

14. Yola Primadona Jampil dan Hendy Duet Yola/Hendy berhasil menjadi yang terbaik di nomor seni ganda putra cabang pencak silat dengan raihan 580 poin.

15. Pencak Silat Seni Tim Putra Pencak silat seni tim putra yang terdiri dari Nunu Nugraha, Asep Y Sani, dan Anggi F Mubarok sukses meraih medali emas Asian Games 2018 di nomor seni tim putra.

16. Aji B Pamungkas Pesilat 19 tahun, Aji B Pamungkas, berhasil meraih medali emas pada tarung nomor I:85-90 Kg putra mengalahkan wakil Singapura, Sheik Ferdous Sheik Alauddin dengan skor 5-0.

17. Komang H Adi Putra Komang Adi Putra menjadi peraih medali emas pada cabang olahraga pencak silat tarung kelas E:65-70 kg putra setelah sebelumnya hanya meraih perunggu SEA Games 2017.

18. Iqbal C Pratama Iqbal menjadi peraih medali emas keenam pada cabang olahraga pencak silat di tarung kelas D:60-65 kg putra.

19. Sarah Tria Monita Sarah Tria Monita menjadi satu-satunya pesilat putri yang turun di final nomor tarung dan berhasil meraih medali emas di kelas 55-60 kg putri.

20. Abdul Malik Abdul Malik melengkapi sapu bersih Indonesia pada delapan nomor di final hari pertama silat dengan emas nomor tarung kelas 55-60 kg putra.

21. Tim Putri Panjat Tebing Atlet panjat tebing Indonesia, Aries Susanti, Puji Lestari, Rajiah Sallsabillah, dan Fitriyani meraih emas di nomor kecepatan estafet putri.

22. Tim Putra Panjat Tebing Rindi Suprianto, Mihammad Inayah, Abudzar Yulianto, dan Leonardo Veddriq berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tim Indonesia I yang lebih diunggulkan pada nomor kecepatan estafet putra.

Selasa, 28 Agustus 2018
23. Jonatan Christie Pebulu tangkis Indonesia, Jonathan Christie, berhasil meraih medali emas tunggal putra pada cabang olahraga bulu tangkis setelah mengalahkan Chou Tien Chen (Taiwan) pada babak final dengan skor 21-18,20-22, dan 21-15.

24. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Pasangan ganda putra Indonesia yang memiliki julukan The Minions ini meraih emas setelah menang atas ganda putra Indonesia lainnya, Fajar/Rian.

Rabu, 29 Agustus 2018
25. Sugianto Pesilat Indonesia, Sugianto menjadi peraih medali emas ke-25 untuk Indonesia pada nomor seni perorangan putra.

26. Ayu S Wilantari/Ni Made Dwiyanti Medali emas silat nomor seni ganda putri berhasil diraih oleh pasangan Indonesia, Ayu Wilantari/Ni Made Dwiyanti.

27. Pencak Silat Seni Tim Putri Indonesia Tim seni putri Indonesia pada cabang olahraga pencak silat, Pramudita, Lutfi, dan Gina, melengkapi emas pencak silat di nomor seni dengan emas dari tim putri.

28. Pipit Kamelia Setelah menjadi juara Asia 2017, Pipit melengkapi gelarnya dengan medali emas yang diraihnya pada ajang Asian Games 2018 dari nomor tarung kelas 60-65 kg putri.

29. Hanifan Y Kusumah Sukses meraih medali emas, Hanifan menjadi lebih dikenal karena aksi spontannya memeluk Presiden Joko Widodo dan Ketua IPSI Prabowo Subianto.

30. Wewey Wita Gadis berusia 25 tahun asal Ciamis ini melengkapi emas SEA Games 2017 dengan emas Asian Games 2018 di kelas 50-55 kg putri.

Sabtu, 1 September 2018
31. Sepak Takraw Tim kuadran sepak takraw Indonesia, M. Hardiansyah Muliang, Nofrizal, Saiful Rijal, Husni Uba, Rizky Pago, dan Abdul H Radjiu menutup perolehan emas Indonesia dari cabang sepak takraw di hari terakhir.

Sementara itu, Closing Ceremony Asian Games 2018 dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018). Sejumlah artis tersohor didaulat menjadi pengisi acara penutupan Asian Games 2018.

Selain artis Tanah Air, penampilan boyband asal Korea Selatan, Super Junior dan iKON juga salah satu hal yang mencuri antusiasme masyarakat.

Menariknya, penutupan perhelatan olahraga terbesar se-Asia ini menjadi trending topik dunia pada platform media sosial Twitter.

Masyarakat beramai-ramai memamerkan momen penutupan ajang olahraga empat tahunan itu melalui tagar #ClosingCeremonyAsianGames2018

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia