Rupiah Melemah, Simpan Dulu Rencana ke Luar Negeri Sebab Traveling di Destinasi Lokal Tak Kalah Menarik


Terhitung hari ini, Kamis (6/9/2018) Rupiah masih bertahan di angka 15 ribu per dolar AS. Tentu ini bukanlah prestasi melainkan kondisi yang menyebabkan banyak pihak gigit jari.

Para traveler barangkali tak sedikit yang gigit jari, bagaimana tidak jika dana untuk jalan-jalan ke luar negeri sudah diiatur sedemikian rupa, tetapi dengan anjloknya rupiah perencanaan dana tersebut bisa jadi kacau.

Nah, untuk mengatasi hal ini ada baiknya manfaatkan dana yang ada untuk traveling atau jalan-jalan ke dalam negeri saja.

Simpan dulu keinginan menambah daftar stempel di paspor. Beralihlah ke destinasi wisata dalam negeri yang tak kalah menarik dibanding tempat-tempat indah di belahan bumi lainnya. Walau mungkin sudah sering berwisata di dalam negeri, pastilah masih ada tempat menarik yang belum sempat disinggaahi. Bukankah Indonesia ini luas dan sangat cantik.

Pada dasarnya, kemanapun tujuan wisata, yang terpenting adalah bagaimana menikmati dan mengambil banyak pelajaran dari apa yang dialami selama perjalanan. Traveling ke luar negeri mungkin akan terdengar keren, tapi traveling di negeri sendiri juga pasti tak kalah mengasikkan. Dari Analisa Daily dirangkum beberapa hal menarik yang bisa menjadi alasan untuk berwisata di dalam negeri:

– Ragam Destinasi

Berbagai tempat menarik tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Beragam destinasi di dalam negeri ini siap untuk dijelajahi: wisata alam, bahari, sejarah, budaya, dan bahkan kuliner. Semuanya ada di Indonesia: pantai-pantai yang menawan, wisata bawah laut yang menakjubkan, hutan dan gunung yang menawarkan petualangan, situs sejarah yang patut diketahui, juga kuliner yang menggoda indera perasa. Tinggal pilih yang sesuai selera dan gaya berwisata.

– Ragam Budaya

Tak hanya aneka ragam jenis wisata. Bermacam-macam suku, agama, adat istiadat dan kehidupan sosial yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya pun menjadi hal yang menarik untuk kita eksplorasi. Objek wisata yang ditawarkan mungkin sama, tapi kearifan budaya lokal di tiap daerah pastilah berbeda. Mendaki gunung Rinjani di Lombok dan mendaki gunung Sibayak di Sumatera Utara pasti akan membawa pengalaman yang berbeda karena selain medan pendakiannya berbeda, kultur setempat juga tak sama.

Begitu juga Sabang dan Raja Ampat yang sama-sama menawarkan wisata bahari, tetap saja ‘taste’ nya akan berbeda kala mengunjungi kedua tempat ini. Jadilah salah satu orang Indonesia yang beruntung bisa menyaksikan perbedaan budaya di tiap wilayah yang dikunjungi. Dan lihatlah betapa negeri ini kaya akan budaya yang patut untuk terus dilestarikan.

– Memupuk Rasa Nasionalisme

Mungkin terdengar berlebihan. Tapi tak dapat dipungkiri, mengunjungi berbagai tempat di negeri ini dapat menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

– Membantu Perekonomian

Pastilah tahu bahwa semakin banyak wisatawan di suatu daerah, akan turut mendukung pergerakan perekonomian di daerah tersebut. Jadi, jika lebih banyak traveling ke luar negeri, dari sisi ekonomi tentu yang akan diuntungkan adalah negara tujuan wisata. Dengan berwisata di dalam negeri, artinya membantu denyut nadi ekonomi DTW (daerah Tujuan Wisata). Artinya juga membantu kelangsungan hidup para pelaku usaha yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan pariwisata.

Di tengah melemahnya kurs rupiah saat ini, jika saja para turis domestik ramai-ramai memilih untuk berwisata di dalam negeri, pastilah akan turut membantu perekonomian negeri ini.

2 comments

  1. Dengan melemahnya nilai tukar rupiah, Indonesia bisa semakin menjadi destinasi wisata favorit di dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini kesempatan untuk lebih memanfaatkan destinasi lokal agar bisa mendunia...

      Delete