Ini Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mengalami Patah Tulang Seperti Lionel Messi

Lionel Messi
Pemain bintang dari tim sepakbola raksasa Barcelona, Lionel Messi mengalami cedera patah tulang tangan saat berlaga melawan Sevilla dalam kompetisi La Liga (Liga Spanyol). Cedera diduga terjadi karena Messi melakukan pendaratan yang salah ketika sedang beradu bola dengan pemain tim lawan.

Akibat cederanya, pemain yang baru saja mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik La Liga pada bulan September itu, harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh pemain cadangan. Menurut keterangan Barcelona, Messi mengalami patah tulang radius di lengan kanannya dan tidak dapat berlaga dalam pertandingan selama kurang lebih 3 minggu ke depan.

Patah tulang tangan seperti yang dialami Messi merupakan cedera yang serius dan membutuhkan pertolongan medis yang segera. Ada beberapa tips dalam memberikan pertolongan pertama yang dapat dilakukan agar tidak memperparah patah tulang tangan yang terjadi. Namun, sebelum melakukan pertolongan pertama pada patah tulang tangan, sebaiknya kenali dulu beberapa gejalanya sebagai berikut:

- Nyeri hebat, bertambah saat bergerak
- Memar
- Bengkak
- Deformitas (bengkok pada lengan atau pergelangan tangan)
- Kekuatan berkurang saat bergerak
 
Melansir KlikDokter, untuk memberikan pertolongan pertama dapat melakukan beberapa tips berikut.

- Hentikan perdarahan

Pada patah tulang tangan yang terbuka hingga menyebabkan perdarahan, perlu menghentikan perdarahan tersebut. Untuk itu, berikan penekanan erat pada luka menggunakan pelapis, misalnya baju yang bersih. Jika tulang yang patah keluar melalui luka terbuka, jangan coba menyentuh atau menggeser tulang tersebut.

- Redakan pembengkakan

Pada patah tulang tangan dapat menimbulkan reaksi peradangan. Salah satu gejala peradangan tersebut adalah pembengkakan. Perlu meredakan pembengkakan tersebut dengan menggunakan kompres air es dibalut kain atau handuk bersih. Kompres es juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami.

Selain itu, cobalah untuk mengganjal posisi tangan yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung, guna meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah balik ke jantung.

- Immobilisasi

Pastikan tidak menggerakkan posisi tangan yang mengalami patah tulang. Misalnya bagian tangan tertutup pakaian, potong bagian pakaian sampai terlihat bagian tangan yang dicurigai mengalami patah tulang. Selain itu, lakukan fiksasi tangan dengan menggunakan peralatan seadanya, misalnya gulungan koran. Kemudian, berikan bantalan tangan yang rata. Namun, jika ragu sebaiknya diamkan saja tangan pada posisinya.

- Konsumsi obat pereda sakit

Perasaan sakit yang berat bisa diredakan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek.

Pada akhirnya, pertolongan pertama pada patah tulang tangan harus disertai dengan penanganan medis yang tepat di rumah sakit. Biasanya dokter akan melakukan wawancara medis untuk mengetahui mekanisme cedera yang terjadi pada tangan secara detail. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik yang disertai pemeriksaan penunjang seperti rontgen atau MRI pada area tangan yang cedera.

Setelah serangkaian pemeriksaan di atas, dokter akan memberi penanganan sesuai keparahan cedera yang terjadi. Pada patah tulang ringan, dokter dapat menggunakan perban dan bidai untuk keperluan immobilisasi. Biasanya hal tersebut akan dipantau dokter dengan kontrol rutin selama 1-3 minggu.

Dalam kondisi tertentu, fisioterapi juga diperlukan untuk mengembalikan fungsi tangan yang mengalami cedera. Sementara itu, tindakan operasi perlu dilakukan pada cedera patah tulang tangan yang parah. Saat operasi, bisa dilakukan pemasangan alat untuk fiksasi (seperti sekrup atau piringan) di tulang yang patah.

Kondisi patah tulang tangan yang dialami Lionel Messi tentu bukan hal yang asing dalam dunia olahraga, dan sangat mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, juga perlu memahami kondisi tersebut dan bagaimana kiat pertolongan pertamanya.

No comments