Senator Riri: Santri Harus Jadi Pelopor Penjaga NKRI


SunfloWords.com
- Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Peringatan ini dimulai sejak 15 Oktober 2015 ketika Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Keputusan Presiden ini patut diapresiasi.

Senator muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, mengutarakan, Hari Santri Nasional penting diperingati karena betapa besarnya peran serta para santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini para santri sadar bahwa cinta terhadap tanah air adalah sebagian dari iman. Banyak para santri yang gugur karena sikap nasionalismenya. Semangat ini harus terus hidup di kalangan generasi millenial kita," kata Senator Riri, Senin (22/10/2018).

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Bengkulu ini menjelaskan, semangat tersebut bisa diaplikasikan dalam bentuk pengabdian dan memberikan kontribusi secara terus menerus terhadap kemajuan umat dan bangsa.

"Ketika mendapatkan amanah, jalankan amanah itu dengan baik dan sungguh-sungguh, tidak melakukan korupsi, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kalau kita masih sekolah, belajar dengan baik adalah salah satu bentuk pengabdian kita terhadap negeri ini. Kalau bermedsos, jangan sebar hoaks dan masih banyak lagi bentuk lainnya yang meski terlihat sederhana tapi memiliki arti besar," kata Senator Riri.

Perempuan yang meraih gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus Lebong ini mengungkapkan, pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018 ini, ia berharap peringatan yang dilakukan oleh para santri dapat memperkuat kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sehingga millenial kita dapat menjadi generasi yang menjaga NKRI ini dengan akhlak yang terpuji, selalu memperkuat keimanan dan pengetahuannya. Ini penting karena ketika kelak kita diminta untuk memimpin, kita dapat memimpin negeri ini dengan baik," jelas Senator Riri.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana Bengkulu ini menuturkan, santriwati dan santriwan terdapat di seluruh wilayah Indonesia yang bila berperan aktif bersuara di media sosial dapat membendung maraknya ujaran kebencian, hoaks hingga aksi terorisme.

"Santri millenial harus turut aktif bersuara menjaga perdamaian agar NKRI ini tidak dirusak oleh ujaran kebencian, hoaks dan terorisme. Jangan sampai kita jadi nggak saling tegur hanya karena beda pilihan. Santri harus menjadi pelopor mempertahankan NKRI," demikian Senator Riri.

No comments