Traveling Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan dengan 8 Kiat Ini


Bicara soal traveling bukan hanya sebatas menikmati alam dan bersenang-senang mengunjungi berbagai atraksi bersama partner perjalanan saja. Traveling juga berkaitan dengan bagaimana menjadi bagian dari budaya masyarakat lokal dengan berbagai aktivitas seru, dan merasakan pengalaman seru yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Jangan lupa ketika melakukan perjalanan kita pun juga tetap harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai melupakan sesuatu atau mengalami sesuatu yang bisa menyebabkan liburan jadi menyebalkan dan menyusahkan.

Dari para blogger di Asia yang sering traveling, berikut ini ada beberapa kiat traveling agar perjalanan menyenangkan.

1. Berpakaian seperti warga lokal

Takut menjadi yang paling mencolok di kerumunan? Coba berbaur dengan penduduk setempat dengan berpakaian seperti mereka.

“Saat saya mengunjungi India, saya sering mengenakan pakaian tradisional mereka dan mereka pun sepertinya menghargai usaha saya. Selain itu, dengan berpakaian seperti warga lokal, akan terlihat sangat bagus saat kalian mengambil foto,” kata Febrian, seperti yang dikutip VIVA.

2. Terbuka untuk pengalaman baru

Blogger A Girl and A Bald Traveller membagikan cerita mereka saat bepergian pertama kali ke Maroko, mereka menginap di perkemahan dengan harga hotel bintang lima.

“Harga menginapnya memang mahal tetapi pengalaman tidur di dalam selimut yang hangat, dan tertidur di bawah langit yang dipenuhi bintang adalah sesuatu yang tidak bisa saya dapatkan di hotel lain,” kata pasangan blogger tersebut.

Dia menambahkan, traveling bukan hanya sekadar berjalan-jalan untuk mengambil foto selfie. “Pengalaman terbaik datang dari mencoba berbagai kegiatan dan berbaur dengan penduduk setempat,” ujar Travel Up.

3. Belajar untuk tawar-menawar

Sangat mudah untuk terpikat oleh pemandangan dan suasana di pusat perbelanjaan. Saat para bintang tersesat di bazzar Marrakesh di Maroko, apa saja tips yang perlu diingat agar kita tidak membayar terlalu mahal saat belanja?

“Selalu menawar dengan tersenyum, hal tersebut dapat membuat perbedaan antara membayar harga yang lebih tinggi dan mendapatkan potongan harga,” kata Travel Inspiration 360.

Travel Chameleon menyarankan untuk mempelajari sedikit mengenai bahasa lokal negara yang akan dikunjungi. “Sebelum mengunjungi negara mana pun, saya akan belajar beberapa frasa-frasa penting seperti ‘berapa harganya?’ atau ‘bisakah ini lebih murah’,” ujarnya.

4. Mencoba makanan lokal

“Kita semua tahu bahwa mencoba makanan lokal adalah hal yang penting saat mengunjungi sebuah tempat. Lihatlah meja sekitar Anda khususnya saat bepergian ke luar negeri dan perhatikan apa yang dimakan oleh para warga lokal di sana. Biasanya jika kita bertanya dengan ramah, mereka dengan senang hati memberikan rekomendasi makanan kepada kita!” saran Morgan Awyong.

Bicara soal makanan yang menantang, I Wandered sangat merekomendasikan susu kuda jika Anda mengunjungi Mongolia. “Rasanya tidak seperti susu lain yang pernah Anda rasakan!” terang dia.

5. Jelajahi kota

“Cara eksplorasi yang paling saya sukai adalah bepergian dengan sepeda dan menjelajah kota tersebut sendirian. Dengan cara itu kita bisa menghemat, karena lebih murah dan lebih nyaman, Anda pun dapat berhenti di mana pun Anda inginkan, sekaligus melihat sisi lain kota tersebut,” ujar Travel Up.

6. Travel light atau bepergian dengan ringan

Travel Up menyarankan para traveler untuk mengurangi barang bawaan mereka saat bepergian.

“Sebisa mungkin, saya mencoba untuk hanya membawa ransel dibandingkan koper ketika saya bepergian, sehingga lebih mudah dan lebih cepat untuk keluar masuk bandara atau saat transit. Karena saya biasanya menyewa sepeda motor ketika saya sampai tujuan, oleh karena itu travelling light mempermudah saya bepergian.”

7. Relaks

Jangan memusingkan hal-hal kecil! Ingatlah bahwa sedang berlibur dan terkadang tidak masalah kalau hanya bersantai.

“Slow travel adalah perjalanan yang terbaik bagi saya. Seperti memperhatikan gambar ilusi 3D, Anda dapat mengerti inti dari suatu tempat ketika melihatnya cukup lama. Ketika Anda tidak terburu-buru dari titik A ke B, Anda akan menyadari semua hal-hal menarik di sekeliling Anda,” terang Morgan Awyong.

8. Bersiaplah untuk keadaan yang tak terduga

A Girl and a Bald Traveller menyarankan traveler untuk memperhatikan lingkungan mereka. Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda akan mengalami kesialan atau keberuntungan saat bepergian. Selalu persiapan diri untuk hal terburuk. 

“Kami sebenarnya ditipu oleh pos imigrasi. Para petugas mengumpulkan uang sebanyak  US$100 atau setara dengan Rp1,3 juta sebagai pembayaran untuk visa, tetapi mereka mengembalikan uang tersebut setelah kami bersikeras mengatakan bahwa kami tidak memerlukan visa. Hanya sampai kami tiba di pos perbatasan yang sebenarnya, kami menyadari bahwa uang kertas US$100 atau setara Rp 2,3 juta yang dikembalikan kepada kami adalah uang palsu!”

Kiat-kiat tersebut dapat diaplikasikan saat lagi traveling agar liburanmu menjadi lebih bermanfaat dan menyenangkan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia