Peringatan Maulid Nabi, Hidupkan Nilai-nilai Persatuan Indonesia

SunfloWords.com - Pancasila sebagai dasar negara telah meletakkan keutamaan kepribadian bangsa untuk mengamalkan persatuan Indonesia dengan cara senantiasa mempererat tali silaturahmi. Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, jalinan silaturahmi tersebut dapat terajud secara positif.

Senator muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, mengungkapkan, silaturahmi penting sebagai media antara para wakil rakyat dengan warga masyarakat untuk senantiasa berperan dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

"Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Alangkah baiknya bila kita peringati kesempatan yang baik ini dengan cara mempererat tali silaturahmi," kata Senator Riri, Senin (19/11/2018).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini berharap dengan adanya peran serta warga, baik dari kalangan tokoh masyarakat, tokoh adat, maupun tokoh agama, nilai-nilai persatuan Indonesia dapat hidup di kalangan masyarakat sehingga dapat melahirkan kerukunan dan perdamaian.

"Kalau silaturahmi sudah erat, saya yakin rasa aman dan nyaman di kalangan masyarakat bisa terwujud. Dengan adanya silaturahmi, warga masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah mereka terhadap permasalahan yang ada dan bersama-sama mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut," ujar Senator Riri.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu itu kembali meningatkan untuk senantiasa menjaga keharmonisan antar warga masyarakat yang selama ini telah terjalan dengan cukup baik.

"Jangan mudah terjebak dengan berita hoaks serta hal-hal yang tidak seharusnya dikerjakan, di tengah maraknya kasus narkoba dan kasus pembunuhan akibat jauh dari norma agama, jauh dari norma Pancasila. Kalau pun kita ingin berkampanye, gunakan cara-cara yang menyejukkan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam," demikian Senator Riri.

Untuk diketahui, besok atau tanggal 12 November 2018 telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional karena bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Sejak hari ini, Minggu (11/11/2018), umat Islam telah memasuki bulan Rabiul Awal atau Bulan Maulid sebagai bulan ke-3 dalam urutan kalender Hijriah.

Seluruh umat muslim dan muslimah sangat memuliakan bulan ini karena merupakan kelahiran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan hari ketika peristiwa Rasulullah hijrah atau meninggalkan Kota Mekkah menuju Kota Madinah, serta pada 27 Rabiul Awal merupakan tanggal wafatnya Rasulullah.

Kaum muslim dan muslimah di Indonesia senantiasa menggunakan momen ini untuk bersilaturahmi untuk bershalawat dan juga salam pada Rasulullah, meneguhkan kecintaan pada Rasulullah, mendapatkan rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, dan banyak melakukan amal kebaikan.

No comments