Pertama Kali Naik Pesawat? 5 Tips Ini Pasti Berguna untuk Kamu

photo taken by me at Fatmawati Soekarno Airport
Serba-serbi yang namanya pertama kali itu pasti menegangkan sekaligus menantang, termasuk dalam hal bepergian jauh dan pertama kalinya naik pesawat.

Nah, tips aman untuk kamu yang pertama kali naik pesaat tentunya ada, pengalaman naik pesawat terbang untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang tak terlupakan. Oleh karena itu harus membaca tips nya terlebih dulu.

Barangkali, pengalaman pertama kalinya naik pesawat juga bisa menimbulkan dua kesan, yakni nyaman dan tidak nyaman.

Duduk di pesawat memang hanya salah satu cara untuk bepergian dan itu tidak begitu penting dibanding tempat tujuan yang kamu tuju.

Bahkan saat ini, teknologi cukup dapat diandalkan dalam memberi banyak informasi tentang penerbangan dan cara agar tetap aman selama perjalanan.

Namun, pengalaman pertama kalinya tetap akan menimbulkan rasa cemas atau rasa penuh harap.

Kamu mungkin akan terkejut karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti yang dilansir dari Intisari Grid berikut ini:

1. Lihat Apa yang Kamu Kenakan

Sama seperti pesta atau acara formal, kamu tidak bisa sembarangan memakai pakaian di pesawat terbang. Meskipun tidak ada aturan ketat tentang jenis pakaian yang akan dikenakan, kamu dapat memeriksa bahan pakaian agar aman.

Pakaian terbaik adalah yang terbuat dari katun yang memungkinkan kulitmu untuk bernapas. Kenakan pakaian dan sepatu nyaman yang membuat gerakanmu mudah dan fleksibel.

Sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengekspos tubuh, karena pada ketinggian tertentu, suhu bisa menjadi sangat dingin.

2. Periksa Gadget Elektronikmu


Apakah perjalanan yang kamu lakukan adalah perjalanan bisnis atau untuk liburan semata. Kamu mungkin tergoda untuk membawa banyak gadget elektronik karena setiap gadget memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Beberapa orang bahkan membawa laptop, ponsel, dan tablet semua dalam sekali perjalanan. Jika itu perjalanan bisnis, kamu tidak perlu membawa laptop.

Pastikan kamu menyimpan semua file yang diperlukan pada drive dan terbanglah dengan ringan.

Jika ingin mengambil gambar, ponselmu cukup lengkap untuk menggantikan fungsi kamera digital.

Kamu tidak perlu membawa iPad, sebab kamu juga harus memastikan perangkat elektronik dalam kondisi baik dan menggunakan baterai dan pengisi daya yang baik.

3. Perhatikan Petugas Keamanan

Seringkali di bagian belakang kepala kursi dan di layar kecil, kamu akan melihat video keamanan yang menjelaskan banyak hal.

Jangan diabaikan atau risiko ditanggung sendiri karena video itu memiliki informasi yang berguna bagimu.

4. Jaga Kesehatan dan Hormati Pramugari

Kamu harus tetap dalam keadaan sehat dan sadar untuk berjaga-jaga jika hal yang tidak terduga terjadi.

Petugas penerbangan telah menerbangi rute yang kamu lalui berkali-kali, dengarkanlah mereka.

Mereka tahu persis apa yang harus dilakukan. Jika terjadi sesuatu, jangan panik dan jangan buru-buru menyelamatkan diri.

Percayalah pada mereka untuk membantu kamu tetap hidup.

5. Hormati Tetangga Tempat Dudukmu


Sama seperti kamu kembali ke rumah, pahami bahwa tetanggamu layak mendapatkan rasa hormat.

Berbagi tempat duduk dengan seseorang di pesawat bisa sangat menyenangkan atau sangat mengganggu.

Jangan bersikap seolah-olah kamu berada di penerbangan sewaan pribadi. Berbagi pesawat dan tempat dengan seseorang berarti menghormati privasi dan tempat mereka.

Jangan memainkan musik terlalu keras atau tertawa tak terkendali. Saat kamu makan, kunyah dengan tenang, juga kalau bisa hindari dengkuran saat tidur.

Nah, itulah beberapa tips bagi kamu yang akan naik pesawat untuk pertama kalinya. Jangan lupa sebelum berangkat pastikan kamu dalam keadaan sehat dan tidak cemas berlebihan. Hal terpenting ialah selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia