Harbolnas 12.12 Begini Sepak Terjangnya di Indonesia


Tepat pukul 12 malam di tanggal 12 Desember 2018, aku berkutat lihat aplikasi e-commerce menunggu diskonnya hehe...

Nah, 12 Desember adalah hari yang spesial bagi para pecinta belanja online, hari ini merupakan Hari Belanja Online Nasional atau yang familiar disebut Harbolnas.

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia pada 12 Desember 2018 dengan dukungan dari sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 melalui inisiatif dari Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Harbolnas kini telah menginjak tahun keenam, dengan lebih dari 250 e-commerce yang berpartisipasi.

Istimewanya di hari ini adalah karena diskon yang bertaburan, mulai dari free ongkir, diskon up to 12% hingga 70%. Konsumen juga bisa menikmati flash sale dan juga cash back.

Harbolnas pertama kali diadakan di Indonesia pada 12 Desember 2012 dengan jargon menarik: 12.12.12. Ada beberapa retail online yang turut meramaikan pergelaran nasional belanja online perdana ini, termasuk Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, Persebaya Store, dan beberapa lini e-commerce lainnya.

Dikutip dari tradegecko.com, Lazada sebagai salah satu perintis Harbolnas tidak sekadar berupaya meraup keuntungan sebesar-besarnya, tetapi juga mengkampanyekan belanja dengan cara online kepada masyarakat luas.

Maka dibuatlah gagasan, jika semua retail e-Commerce bergabung ketika Harbolnas berlangsung, hasil penjualan bersama yang lebih besar akan bisa dicapai, alih-alih bersaing satu sama lain.

Pada perkembangannya, bukan hanya retail online saja yang menjadi pelaku dalam event Harbolnas. Beberapa bank di Indonesia juga turut serta, salah satunya adalah Bank Mandiri yang menyediakan cashback dan promo dengan jumlah yang fantastis saat Harbolnas tiba.

Melansir Tirto, di negara-negara lain, agenda semacam Harbolnas telah dilakukan sebelum diikuti di Indonesia. Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang, misalnya, sudah memiliki perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday.

Cyber Monday terinspirasi dari kegiatan serupa versi offline yang sudah menjadi tradisi di Amerika Serikat, yakni Black Friday. Black Friday biasanya digelar pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day atau sebelum musim belanja menjelang Natal. Black Friday merupakan agenda berbelanja tahunan terbesar di Amerika Serikat. Banyak toko yang memberikan potongan harga untuk meningkatkan keuntungan.

Konsep ini kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia meskipun dengan nama yang tidak harus sama. Di Meksiko, misalnya, konsep ini dinamakan El Buen Fin, sedangkan di Arab Saudi dikenal dengan nama White Friday, demikian dikutip dari telegraph.co.uk.

Indonesia pun akhirnya ikut “meresmikan” perayaan belanja online besar-besaran mengingat potensi pasar yang sangat besar. Hal ini seiring mulai memasyarakatnya penggunaan internet dan pertumbuhan e-commerce yang cukup pesat.

Kemudian, respon Harbolnas 2013 meningkat dibanding debutnya. Banyak pembeli yang berburu diskon menarik yang ditawarkan secara online dalam satu hari tersebut. Event ini memang menjadi kabar gembira bagi para penggila belanja untuk mencari aneka produk, baik yang dibutuhkan atau hanya ikut-ikutan karena terbuai dengan banyaknya diskon yang diberikan oleh para pelaku e-commerce.

Harbolnas 2013 semakin meneguhkan industri online dan e-commerce di Indonesia untuk makin meningkatkan pengalaman belanja online. Maka Harbolnas diselenggarakan lagi pada 2014.

Pada tahun 2017 Harbolnas telah menginjak tahun kelima, Harbolnas pada tahun tersebut menjadi semakin berkembang, tercatat Harbolnas pada 12 Desember 2017 terdapat sekitar 250 e-commerce yang ikut berpartisipasi.

Hal yang berbeda pada tahun 2017 dengan mengusung tagline #BelanjaOnlineBersama, Harbolnas memulai inisiasi untuk menjangkau para UMKM di Indonesia agar ikut berpartisipasi dalam acara e-commerce terbesar di Indonesia yaitu pada tanggal 12 Desember 2017.

Dengan keterlibatan para pelaku usaha kecil menengah tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah UMKM yang go online dan merasakan dampak bisnis dari Harbolnas berdampingan dengan pemain e-commerce besar.

Sudah belanja online hari ini? Beli produk kebutuhanmu dan nikmati diskon yang bertaburan. Namun selalu ingat agar jangan kalap atau khilaf, cukup beli barang atau produk yang memang menjadi kebutuhan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia