Resolusi Sehat 2019, Let's Live A Healthy Life!


Tahun 2019 akan segera tiba dalam hitungan hari. Tak sekadar pergantian kalender, tahun baru dapat berarti semangat baru dan resolusi baru. Salah satu resolusi yang wajib dibuat adalah soal kesehatan. Mulai dari sekarang, kita dapat memikirkan dan mencatat resolusi sehat dan konkret apa yang ingin dicapai di tahun baru.

Nah, pernahkah terpikirkan tentang resolusi sehat untuk tahun depan? Mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi inspirasi dalam memiliki resolusi sehat di tahun 2019. Berikut resolusinya dilansir dari Klikdokter.
1. Tetapkan satu tujuan setiap bulan

Tidak perlu membuat target yang muluk-muluk. Satu tujuan per bulan bisa membantu menepati resolusi secara perlahan.

Angela Kim, pelatih pribadi bersertifikat di Ellicott City, Maryland, Amerika Serikat, mencontohkan, Anda bisa memulai dengan bertekad mengurangi konsumsi gula pada Januari, lalu membatasi makan nasi pada Februari. Di akhir bulan, renungkan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Untuk tujuan yang tidak terpenuhi, evaluasi mengapa mereka tidak terpenuhi.

“Jadilah mentor diri sendiri untuk perbaikan yang ingin dilakukan,” kata Kim. “Jika berhasil pada akhir bulan, teruskan resolusi itu, jika perlu, tambahkan yang baru.”

2. Pilih latihan yang sesuai dengan jadwal

Orang sering melewatkan olahraga dengan alasan sibuk. Mulai tahun depan, Sesuaikan jadwal. "Olahraga bisa dilakukan di sela-sela aktivitas, bukan sepanjang hari,” kata Lacey Stone, pelatih pribadi di Los Angeles, California.

Pilihlah waktu olahraga sesuai dengan jadwal, misalnya sebelum bekerja atau saat makan siang. Olahraga pun bisa dilakukan di banyak tempat, seperti gym, di ruangan kantor, atau taman. Rencanakan waktunya, bisa tiga kali seminggu atau setiap hari. Pokoknya, bisa melakukannya secara berkesinambungan.

3. Buat kalender olahraga mandiri

Agar membuatnya lebih konkret, buatlah kalender olahraga di atas kertas. “Siapkan kalender olahraga untuk menulis aktivitas, durasi, dan lokasi untuk setiap hari program olahraga. Setiap kali menyelesaikan olahraga, tambahkan bintang emas atau stiker pada hari itu untuk membantu melacak dan melihat secara visual kemajuan yang dicapai,” ujar Anna Kaiser, seorang pelatih pribadi dari New York City.

4. Konsumsi air putih cukup

Kita semua tahu betapa pentingnya minum air putih bagi kesehatan. Para ahli menyarankan untuk minum 2 liter per hari.

"Jika kesulitan untuk minum air sepanjang hari, mulailah pagi dengan segelas ai putih, lalu bawalah botol air untuk dibawasepanjang hari," ujar Maya F. Bach, MPH, RDN, ahli gizi di Chicago, Illinois.

5. Jadwalkan waktu berdiri

Bagi yang biasa duduk berjam-jam di depan laptop atau computer, berdiri bisa menyelamatkan hidupmu loh. "Berdiri mampu membangunkan tubuh dan menyalakan kelompok otot terbesar," kata Shana Schneider, instruktur kebugaran bersertifikasi di New Haven, Amerika Serikat.

Terlalu banyak duduk telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker jenis tertentu. Cari kesempatan untuk berdiri. Misalnya, ketika bertemu seorang teman untuk minum kopi, atau berdirilah di sebelah meja tinggi daripada duduk.
 

6. Tingkatkan nutrisi dalam satu kali makan

Jangan memikirkan bahwa setiap aktivitas makan akan bernutrisi. Cobalah perlahan dengan meningkatkan nutrisi dalam satu kali makan. Misalnya, perbaiki nutrisi pada saat sarapan. Bisa menambahkan secangkir blueberry yang kaya vitamin C ke dalam oatmeal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika suka telur, berikan potong dadu tomat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

“Segera setelah konsisten menambahkan sayuran dan buah ke salah satu makanan, setelah beberapa bulan, akan makan lebih banyak buah dan sayuran daripada sebelumnya,” kata Christy Brissette, MS, RD, ahli diet terdaftar di 80 Twenty Nutrition di Chicago, Illinois.
7. Sikat gigi tiga kali sehari

Mulut yang sehat berarti tubuh yang sehat. "Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara umum," kata Jeffrey Sulitzer, DMD, dokter gigi utama dan kepala petugas klinis di SmileDirectClub di Portland, Oregon.

Sikat gigi tiga kali sehari, menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi dengan fluoride baik untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyakit gusi, serta banyak penyakit lainnya juga.

8. Tidur cukup

Beberapa ahli percaya bahwa tidur cukup sekitar 6-8 jam setiap malam akan membuat tubuh lebih bugar. Untuk mendapatkan tidur yang baik, berhentilah memakai  ponsel atau tablet satu jam sebelum tidur. Pastikan juga ruang tidur atau kamar gelap. Tidur dengan lampu mati akan membuat ritme tubuhmu baik. Sementara tidur dengan keadaan lampu menyala bisa mengganggu hormon.

9. Ganti camilan

Jika biasanya ngemil makanan yang tidak sehat, yang mengandung penyedap rasa dan gorengan, mulai kini pilih makanan yang lebih sehat, seperti buah atau sayur.

Menurut Katherine Brooking MS, RD,pendiri Appetite for Health, beberapa camilan terbaik dan sederhana adalah pisang, apel, atau pir. Telur rebus juga baik. Satu telur hanya mengandung 70 kalori dan terdapat 6 gram protein untuk membantu kenyang di antara waktu makan.

Menjadi sehat adalah dambaan setiap orang. Jadi, mulai tahun depan lakukanlah beberapa hal yang bisa membuat diri lebih bugar dan berkomitmenlah dengan itu. Semoga deretan resolusi sehat di atas bisa bisa jadi inspirasi di tahun baru. Dan akan lebih baik jika sudah memulainya sejak sekarang, agar di tahun baru nanti resolusi sehat itu sudah langsung menjadi bagian dari gaya hidup sehat diri sendiri dan keluarga.

No comments