2019 Saatnya Berjuang Merintis Bisnis Walau Dompet Tipis

foto dokumentasi pribadi
Resolusi bisnis di tahun 2019 adalah satu diantara motivasi terbesarku untuk menjalani tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin. Memiliki bisnis adalah salah satu impian yang tak pernah terkikis.

"Tolong kerjakan ini dan jangan lupa besok pagi ada meeting," ujar bos di kantor yang tak hanya sekali atau dua kali saja. Sebagai seorang pekerja keras, tentu aku berusaha melakukan pekerjaanku sebaik mungkin agar atasanku puas dan senang.

Di lain sisi, aku juga pernah berpikir untuk mengakhiri keadaan seperti itu dan memiliki bisnis yang bisa kukelola. Bukan karena aku lelah dengan tekanan pekerjaan di perusahaan, akan tetapi aku hanya yakin memiliki bisnis sendiri jauh lebih baik.

Hidup ini sudah sulit, aku tidak ingin banyak hal berjalan berbelit-belit. Mengumpulkan niat dan menjahit mental pebisnis yang sehat ternyata hampir membuat pikiranku tersendat. Pasalnya berulang kali aku memikirkan "Bisnis apa yang cocok denganku dan dibutuhkan semua orang?" dan aku terus mencari jawaban atas pertanyaan ini.

Meski tidak memiliki bakat di bidang fashion, aku cukup menyukai dunia yang membuat kekagumanku terus on itu. Jadi, aku memutuskan untuk mulai membuat rencana bisnis fashion.

Kemudian aku kembali berpikir keras, darimana kutemukan modal untuk mendirikan butik di rumah? sebab isi dompet tipis dan tabungan yang kekeringan nyaris tak menyimpan harapan.

"Sekarang ini era digital dengan teknologi serba canggih, kenapa tidak memulai bisnis online saja?" bisik otak sebelah kanan, dan aku membenarkan itu.

Rencana usaha yang akan dilakukan

Secara garis besar aku sudah mendapat kesimpulan tentang bisnis yang ingin kumulai, yakni bisnis fashion online.

Aku benar-benar ingin mewujudkan mimpi membuka usaha ini di tahun 2019. Setelah berselancar di dunia maya, akhirnya kutemukan situs yang unik, menarik dan kupikir cocok sebagai tempat yang kelak dapat mengembangkan bisnis fashion onlineku. Situs tersebut adalah Ralali.com yakni Online B2B Marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya.

Seperti yang diketahui bahwa di era modern sekarang ini nyaris semua hal dapat dilakukan secara online, salah satu contohnya adalah berbelanja.

Rencana yang terpikir olehku sekarang adalah menjadi penjual atau membuat toko di Ralali.com. Pasalnya, visi misi Ralali.com sangat sesuai denganku.

Ralali.com mempunyai visi untuk menjadi platform bisnis terbaik yang menghubungkan dan memberikan solusi bagi para pebisnis melalui teknologi digital.

Dan misi Ralali.com adalah untuk menjembatani pebisnis sukses melalui teknologi digital, mengembangkan teknologi digital yang handal dan user-friendly yang dapat dijadikan platform bisnis unggulan berkelas dunia, mengembangkan SDM yang handal di bidang teknologi digital & bisnis, dan membangun ekosistem pebisnis ke dalam Ralali.com.

Begitulah yang tertera di websitenya. Sangat menarik dan mulai menghidupkan nyali pebisnisku yang dulu selalu ciut sebab bingung harus mulai darimana dan bagaimana. Selain itu, kategori di situs web ini sangatlah lengkap tak hanya fashion saja.

Untuk mengaksesnya juga tidak sulit, pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan email dan setelah verifikasi bisa langsung masuk. Aplikasi Ralali.com juga dapat ditemukan di Play Store.

Ralali yang berasal dari ungkapan bahasa Jawa "Ora Lali" yang berarti "tidak lupa" atau "Tidak Terlupakan" ini bisa kusimpulkan sebagai wadah yang pas untuk orang-orang yang ingin memulai bisnisnya, dan rencana besar inilah yang tengah kupertimbangkan.

Mengangkat budaya lewat usaha 

 
Syal batik besurek, foto dokumentasi pribadi
Sekarang aku tinggal di Bengkulu, sebuah provinsi yang berada dekat sekali dengan pantai dan memiliki keindahan alam mengagumkan.

Bengkulu memiliki ciri khas seperti disebut sebagai The Land of Rafflesia dan terkenal dengan batik besureknya.

Batik besurek sudah menjadi nyawa provinsi ini dan aku ingin ikut berperan dalam menjaga dan melestarikannya. Oleh karena itu, bisnis fashion online yang ingin kurintis juga mencakup batik besurek.

Ada banyak sekali ragam atau kreasi dari batik besurek, seperti syal, baju, rok, kain, tas dan sebagainya. Ini sangat sejalan dengan rencana bisnisku di tahun ini.

Pada akhirnya, bertindak atau melakukan tindakan selalu lebih sulit daripada menyusun rencana. Namun, aku harus memantapkan niat dan mematangkan persiapan agar resolusi bisnis di 2019 ini berjalan lancar.

Bisnis fashion adalah target yang membuatku mumet, sebab keuangan yang sekarat adalah hal yang bisa menyebabkan banyak hal tersendat. Namun dengan adanya Ralali, kuharap bisa mewujudkan resolusi.

Note: tulisan ini disertakan dalam lomba blog Resolusi Bisnis di Tahun 2019 Ralali.com

2 comments

  1. Saya pernah ke Bengkulu mba. Pantainya keren. Sempat bikin review saat berkunjung ke benteng Marlborough

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, iya Pantai Panjang emang keren... Fort Marlborough juga jadi pusat tempat wisata sejarah.

      Delete