5 Buah-buahan Favorit, Aku Lelah dengan yang Manis-manis


Berbicara tentang buah, coba tebak ini hehe
"Buah, buah apa yang menghasilkan rindu?"

Buah Jarak.

Uyee, nanya sendiri jawab sendiri juga dan heboh sendiri hoho. Nah, seperti yang diketahui bahwa buah-buahan itu sangat penting dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bahkan sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Buah-buahan itu memiliki kadar lemak dan gula yang rendah, teman. Selain itu juga sebagai sumber serat terbaik untuk tubuh. Buah-buahan juga merupakan santapan yang sangat mendukung bagi orang yang mau diet.

Sebelum lebih jauh, tulisan ini dibuat dalam memenuhi, menyelesaikan atau bahasa kerennya challenge '10 tema dalam Januari' ini dan tentang buah-buahan favorit adalah tema kedua.

Terkait dengan tema tersebut, dari banyaknya buah-buahan yang ada di dunia ini, aku punya top five yang jadi favoritku atau buah-buahan yang paling kusukai. Berikut penjelasannya.

1. Kurma


Aku bukan penggemar makanan atau sesuatu yang manis *apalagi janji manis, tapi aku suka banget kurma. Manisnya tuh susah diungkapkan dengan kata-kata, tapi kurma punya rasa manis yang jelas dan pasti, tidak seperti janji manisnya *ehemm.

Rasa manis kurma itu tidak bikin enek sekalipun dikonsumsi cukup banyak dan sering. Jadi, tidak akan bosan justru ketagihan.

Menurut beberapa sumber, kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Dengan sumber energi yang baik, gula dan serat. Buah satu ini memiliki manfaat yang tak terhitung.

2. Jeruk


Aku juga suka banget dengan buah satu ini, karena aku tidak terlalu suka yang manis-manis maka jeruk sangat pas sekali di lidahku.

Buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan tentu baik bagi kesehatan. Jeruk juga tidak sulit ditemukan, beda dengan dia yang mencarinya saja bagai nyari jarum dalam jerami *wkwk.

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung protein, kalori, dan serat yang sangat tinggi. Dan yang pasti, jeruk mengandung sejuta gizi dan mineral yang penting untuk perkembangan gizi anak dan dewasa.

3. Nanas


Aku kalau beli rujak pasti lebih banyak nanasnya daripada buah yang lain. Nanas punya cita rasa manis asam yang segar, jadi saat mengonsumsinya juga tak terasa glek bikin enek kayak berhadapan dengan orang yang ingkar janji *aduuhh.

Nanas punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti meningkatkan imunitas, menguatkan tulang, mencegah hipertensi, menjaga keelastisan kulit, dan lain sebagainya.

Buah ini juga sangat berkhasiat untuk diet sehat, namun dari pengalamanku sendiri jangan terlalu banyak mongonsumsi nanas. Aku pernah mengonsumsi dua buah nanas sekaligus dan ada yang aneh dengan lidahku, bukan alergi tapi rada-rada berat atau gimanalah ya menjelaskannya. Yang harus digaris-bawahi adalah jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk rasa sayang.

4. Mangga


Terkadang, hal yang kamu sukai adalah yang membuatmu sakit hati. Ah bukan itu maksudku, hanya saja aku pernah cukup banyak mengonsumsi mangga lalu maag ku kambuh.

Lagi, sesuatu yang berlebihan itu memang tak baik. Karena sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang dimiliki mangga; mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi.

Mangga dengan rasa manis asamnya sangatlah nyaman di lidah, dibikin rujak juga enak dan sering saya ajak si mangga makan bersamaan dengan nasi atau jadi lalapan, beuuhh enak! kalau belum pernah nyoba, monggo dicoba dulu.

5. Strawberry


Dia yang imut masaknya berwarna merah ini tak hanya menarik perhatian namun juga membuat lidah bergejolak ingin segera mencicipinya.

Seperti buah-buah yang lain, strawberry juga kaya akan manfaat yang menyehatkan seperti meringankan gejala alergi dan asma, mengatur gula darah, dan lainnya bahkan juga bermanfaat untuk kecantikan seperti mengurangi kantung mata, memperbaiki kulit dan sebagainya.

Ukurannya boleh saja mungil, tapi strawberry tak hanya enak namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya masih ada sangat banyak buah-buah yang kusukai tapi lima seperti yang disebutkan di atas adalah top five.

Nah teman, bagaimana denganmu? Buah-buahan apa saja yang kamu sukai? Lalu apa alasannya? Ayo berbagi di kolom komentar.


4 comments

  1. Hampir semua orang menambahkan buah mangga, ya.. termasuk saya. Hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe habisnya dia enaq apalagi dirujakin, rujak tanpa mangga mah kurang lengkap...

      Delete
  2. Unch, saya suka semua Buah-buahan di atas, eh slesain kurma gk terlalu duka sih gk tw kenapa pdhl obat banget itu, tp skrg bljr menyukai kurma, dlu pertama kali nyoba it emang buahnya gk bagus jadinya saya trauma

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kurma enak loh mbak apalagi sarinya dibikin bolu pengganti gula pasir, beuuhh mantap...

      Delete