Dapatkan Tiket Pesawat Murah dengan 8 Tips Ini


Di media sosial beberapa hari terakhir ini diramaikan dengan keluhan warganet akan naiknya tiket pesawat yang dinilai terlalu tinggi.

Beberapa orang mengklaim banyak harga tiket pesawat yang sudah naik hampir dua kali lipat.

Selain itu, keputusan maskapai berbiaya hemat seperti Lion Air dan Citilink untuk menghapus layanan bagasi gratis juga dianggap akan semakin membuat biaya menggunakan jasa transportasi udara akan semakin mahal.

Salah satu langkah yang diambil oleh warganet untuk mencoba menekan kebijakan naiknya harga tiket pesawat tersebut adalah dengan membuat petusi "Turunkan harga tiket pesawat domestik Indonesia" di situs web Change.org.

Tentu saja petisi tersebut tidak serta merta akan mengubah keputusan maskapai-maskapai penerbangan, atau bahkan pemerintah sebagai pembuat kebijakan.

Untungnya, untuk menekan biaya penggunaan jasa transportasi udara yang semakin mahal tersebut, kita bisa menyimak dan mencoba trik yang dibocorkan oleh seorang pegawai maskapai penerbangan ini jika kamu ingin mendapat tiket murah.

Dilansir dari Brightside, ini 8 tips dan trik yang bisa dipraktikkan saat berburu tiket pesawat.

1. Gunakan situs agregator

Kamu bisa menggunakan situs agregator khusus tiket pesawat seperti Skyscanner untuk membandingkan harga tiket dari berbagai situs pemesanan yang ada.

Terkadang, harga tiket pada situs resmi maskapai penerbangan malah lebih mahal dibandingkan dengan harga pada situs penjualan pihak ketiga.

Dengan situs agregator, kamu bisa melihat situs mana yang menjual tiket pesawat dengan harga paling murah.

Namun, untuk meyakinkan, kamu bisa kembali memeriksa harga tiket pada situs resmi maskapai untuk memastikan harganya lagi.

2. Pilih penerbangan transit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penerbangan transit biasanya lebih murah daripada penerbangan langsung.

Jika kamu sedang tidak terburu-buru, bisa memilih tipe penerbangan transit.

Namun ini juga bukan ukuran mutlak, sebaiknya melihat juga harga penerbangan langsung, karena terkadang bisa lebih rendah harganya.

3. Ingatlah "Aturan Minggu"

Jika kamu seorang turis, hindari saja bepergian naik pesawat saat akhir pekan yaitu hari Jumat hingga Minggu.

Itu adalah hari padat di mana akan banyak pekerja yang pulang ke rumah mereka atau pekerja yang hanya bisa berlibur di akhir pekan.

4. Pesanlah tiket di hari-hari ini

Maskapai penerbangan merubah harga tiket mereka berdasarkan hari penerbangan.

Hampir selalu, hari-hari dengan harga tiket yang termurah adalah Selasa, Rabu, dan Kamis.

5. Buatlah tanggal pergi yang fleksibel


Jika kamu tidak terpaku pada satu tanggal keberangkatan atau pulang, gunakanlah fitur harga dalam satu bulan saat kamu mencari tiket di situs online.

Fitur itu akan memperlihatkan harga tiket selama satu bulan dan kamu bisa pilih yang paling murah tanpa peduli hari dan tanggal.

6. Daftarkan diri untuk program keanggotaan


Kalau kamu sering bepergian dengan hanya satu maskapai penerbangan, cepat daftarkan diri untuk program keanggotaan.

Biasanya, kamu akan mendapat poin setiap kali terbang dengan maskapai itu dan poin tersebut bisa ditukarkan dengan potongan harga atau bonus lainnya.

7. Perhatikan detail pembayaran

Saat kamu akan membayar tiket pesanan, perhatikan semua hal sekecil mungkin dalam nota tiket.

Kadang, beberapa situs atau maskapai menambahkan beberapa biaya seperti asuransi dan kode unik atau biaya tambahan apapun yang bisa merugikan.

8. Pesan tiket jauh-jauh hari atau sekalian dekat hari keberangkatan

Banyak yang bilang untuk memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan, tentu ini benar.

Kamu juga bisa memesan tiket saat menjelang keberangkatan, karena ada satu fakta yang mengejutkan, bahwa harga tiket saat menjelang penerbangan bisa jauh lebih murah.

Namun memang tetap saja, lebih aman untuk pesan jauh-jauh hari! Itulah trik atau tips yang mungkin bisa kamu coba untuk mendapat tiket dengan harga yang lebih murah.

2 comments

  1. Jauh haripun kadang harganya tetap tinggi untuk pemesanan pada waktu liburan

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia