Sepupu, Tahun Baru Kau Jauh Jangan Lupa Semangat Selalu

jalan-jalan sebelum ke Bandung
*Wah, judul di atas mirip pantun hehe...

Keluarga adalah pondasi terpenting dalam hidup manusia. Orangtua, kakak, adik, satu keluarga besar menjadi hal berharga tak terhingga.

Selain kedua orangtua dan adik, ada lagi yang spesial yakni sepupu. Liburan tahun baru 2019 ini tidak sempat jalan-jalan bersama sepupu, karena sebagian sudah berkeluarga membangun rumah tangga di tahun lalu, sebagian lagi merantau sama halnya denganku.

Jadi, liburan tahun baru kemarin tidak liburan keluarga. Hanya menyapa lewat video call seperti dengan sepupuku yang tengah berada di Bandung.

Adik sepupu lebih tepatnya, dia empat tahun lebih muda dariku. Aku cukup dekat dengan semua sepupuku, tapi seiring berjalannya waktu mereka pun memiliki kehidupan masing-masing dan tidak lagi bisa 'merempong' bareng hehee.

Satu diantara sepupuku yang masih jomblo *ciaatt, Nina namanya. Sekarang dia berada di Bandung jauh dari keluarga di Bengkulu karena tuntutan kerja. Tapi yang jelas, dia hebat.


Saat dia masih di Bengkulu, kami cukup sering menghabiskan waktu bersama. Dulu waktu SMA dia tomboy dan merupakan anggota Paskibra *dia lebih tinggi dariku, kalau jalan aku seperti adiknya hahaa.

Namun, insyaAllah sekarang sudah hijrah dan lebih baik sebagai seorang muslimah. Pesanku untukmu sepupu;

"Tetaplah istiqomah, karena hijrah bisa saja sangat mudah tapi yang sulit itu adalah istiqomahnya. Tidak perlu langsung berubah menjadi baik, namun cukup pelan-pelan saja. Hidup amatlah keras dan tak akan baik pada siapapun, oleh karena itu jadilah lebih kuat dan tetaplah sehat.

Tegarkan hati untuk tidak mengeluh, ingat senyum ayah dan ibu agar kuat selalu. Dan hei, jangan lupa menabung hehe.

Jaga diri baik-baik disana ya dik, pulanglah ke Bengkulu sesekali agar kita bisa ngerumpi wkwk."

aku bersama anak sepupu yang lain,
-andra- keponakan yang sekarang sudah besar dan tampan
Nah teman, family time itu bagiku tidak mesti di waktu tertentu seperti liburan panjang dan lain sebagainya. Tapi, bisa setiap hari hanya dengan hal sederhana. Mengirim pesan singkat misalnya, atau bicara lewat telepon dan video call.

Kita tidak dapat memusnahkan jarak dalam sekejap, tapi bukan berarti hubungan keluarga pun lenyap. Tali kekeluargaan tidak dapat dihilangkan, jadi tetaplah jaga hubungan baik dengan keluarga besar.

9 comments

  1. baru pertama main kemari... salam kenall... Nina masih single ya... tspi kalau pemilik blog ini? wahhh kayaknya udah nikah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, wkwk jomblo fisabillah...

      Delete
  2. Sepupu tapi kayak kakak adek kandung

    ReplyDelete
  3. Udah pintar gendong baby... sudah saatnya

    ReplyDelete
  4. Ta' kira anaknya mbak yang di foto. 😂

    ReplyDelete
  5. Sama yah mba, saya pun bareng sepupu ketjeh yang sama masih jimblo, sepuoi rasa saudara ��

    ReplyDelete